CIBINONG TODAY – Kursi Ketua DPRD Kabupaten Bogor dipastikan akan diduduki anggota dewan dari Partai Gerindra. Partai berlambang garuda itu memperoleh 570.658 suara dan berhak atas 14 kursi di dewan hasil dari Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Posisi kedua diisi PKS dengan 334.798 suara dan mengantongi 9 kursi dewan. Lalu, posisi selanjutnya diperoleh Partai Golkar dengan 298.868 suara dan berhak meraih 6 kursi dan PPP dengan 292.594 suara dengan 6 kursi.

Perolehan suara dan kursi itu diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor saat menetapkan 55 caleg terpilih DPRD Kabupaten Bogor periode 2019-2024 dalam Rapat Pleno Terbuka di Olympic Renotel Sentul, Rabu (14/8/2019).

“Rapat pleno hari ini sesuai aturan tidak lebih dari 5 hari setelah putusan MK yang keluar pada 9 Agustus yang dimana permohonan gugatan dari salah satu caleg di dapil 4 tidak dikabulkan MK. Dan kami harus segera menetapkan caleg terpilih ini,” ujar Ketua KPU Kabupaten Bogor, Ummi Wahyuni.

Kata Ummi, KPU Kabupaten Bogor akan mengundang 55 caleg terpilih pada Senin pekan depan untuk diberikan SK.

“Pemberian SK tidak bisa diwakilkan, sehingga nanti kita undang mereka sekaligus menyerahkan daftar pelantikan ke Gubernur Jawa Barat, melalui Bupati Bogor,” ungkap Ummi.

Sementara, Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengharapkan penetapan 55 anggota DPRD Kabupaten Bogor ini mampu membangun sinergi yang baik dengan Pemerintah Kabupaten Bogor.

Karena menurutnya, DPRD termasuk unsur pemerintahan yang memiliki fungsi penganggaran, legislasi juga pengawasan kinerja Pemkab Bogor.

“Kita kan sama-sama penyelenggara pemerintahan. Dan kami berharap anggota DPRD yang sekarang terpilih lebih baik lagi dalam mewujudkan visi dan misi bupati yang baru saat ini,” kata Iwan.

Iwan yang juga merupakan Ketua DPC Gerindra Kabupaten Bogor itu berharap besar pada pimpinan DPRD khususnya Ketua DPRD yang diduduki Partai Gerindra. Dia berharap anggotanya yang duduk di parlemen mampu menjembatani komunikasi antara eksekutif dan legislatif.

“Alhamdulillah ketua dewan dari Gerindra. Maka harus jadi lokomotif penyambung komunikasi. Bukan hanya di Fraksi Gerindra, tapi harus merangkul seluruh anggota, untuk kolaborasi dengan pemda,” tandasnya. (Firdaus)

Berikut Rekapitulasi Perolehan Kursi Parpol Hasil Pemilu DPRD Kabupaten Bogor 2019 :

1. Partai PKB =   2 kursi

2. Partai Gerindra =   14 kursi

3. PDI Perjuangan = 6 kursi

4. Partai Golkar =    6 kursi

5. Partai NasDem = 0 kursi

6. Partai Garuda = 0 kursi

7. Partai Berkarya =  0 kursi

8. PKS =  9 kursi

9. Partai Perindo = 0 kursi

10. PPP =  6 kursi

11. PSI = 0 kursi

12. PAN =   5 kursi

13. Partai Hanura =   1  kursi

14. Partai Demokrat  =  6 kursi

19. PBB = 0 kursi

20. PKPI = 0  kursi

loading...