BOGOR TODAY – Pagi itu suasana gedung DPRD Kabupaten Bogor mendadak riuh. Beberapa petugas medis berbalut Alat Pelindung Diri (APD) yang diterjunkan langsung Dinas Kesehatan pun tampak sibuk hilir mudik membelah keramaian puluhan para jurnalis yang kerap bertugas di Kabupaten Bogor.

Terdengar desis hembusan nafas mereka
dari balik masker yang digunakan naik turun, namun tetap konsisten terjaga. Tangan-tangan terampilnya turut menari lincah menyiapakan beberapa peralatan Swab test atau test usap.

Sorot mata para jurnalis itu pun seperti menandakan kegusaran dan penuh harap.
Sesekali mereka melirik gerakan jarum penanda waktu yang berada di lengan kanannya. Ada pula yang fokus pada layar smartphone-nya.

Ya, mereka menunggu giliran untuk menjalani test usap (swab test) usai berinteraksi dengan Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto. Meski Senin lalu mereka telah mengikuti Rapid test yang hasilnya non-reaktif atau negatif.

Hal itu dilakukan untuk memastikan kesehatan dan kenyamanan para pencari berita di lapangan.

Ya, Rudy Susmanto dinyatakan positif Covid-19 usai menjalani swab test secara mandiri di RSUD Cibinong, Kabupaten Bogor beberapa hari lalu.

Sebelum dikabarkan terpapar, Rudy juga sempat menghadiri giat forum Ruang Jurnalisme Kelompok Wartawan (rujukan) DPRD Kabupaten Bogor, Kamis lalu.

Namun sayangnya, menurut salah satu petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor yang melakukan swab test, hasilnya belum bisa dipastikan. Kemungkinan 2 hingga 3 minggu.

Sontak statement itu membuat puluhan jurnalis terperangah. “Kerja ngandelin dari berita eh hasilnya dua Minggu keluarnya sedih amat ya,” keluh Andi, salah satu jurnalis.

Ketua Kelompok Wartawan (Pokwan) DPRD Kabupaten Bogor Saeful Ramadan menerangkan bahwa kemampuan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Bogor hanya dapat menampung 200 buah contoh liur. Sementara contoh liur yang harus diperiksa itu jumlahnya melebihi itu.

Sementara, Kasubag Humas, Protokol dan Publikasi Sekretariat DPRD Kabupaten Bogor Sujana menuturkan selain wartawan, 35 orang anggota dan staf DPRD Kabupaten Bogor juga dilakukan swab test.

“Baru 27 orang yang telah dinyatakan negatif, sementara hasil swab test 8 orang lainnya belum keluar karena baru dilakukan tadi di RS Sentra Medika, Cibinong,” tutur Sujana. (B. Supriyadi)