BOGOR TODAY – Satu dari dua tersangka pelaku tindak pidana pencurian kendaraan bermotor dibekuk satuan reserse kriminal Polresta Bogor Kota. Pelaku berinisial SN (27), sementara JN masih dalam pengejaran.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Hendri Fiuser mengatakan penangkapan pelaku berawal ketika ada laporan dari keluarga korban ke Polsek Bogor Barat. Petugas langsung melakukan penyelidikan, dan kurang dari 1×24 jam pelaku berhasil dibekuk di rumah kontrakannya di Kabupaten Bogor.

“Pada waktu ditangkap pelaku tidak dapat mengelak karena dikenali korban, dan langsung dibawa anggota Reskrim ke Polsek,” ujar Hendri di Mapolresta Bogor Kota, Kamis (9/7/2020)

Iapun menuturkan, pelaku berhasil menggasak motor Honda Sonic F 2697 FEG, dan dua unit handphone usai menipu korban yang berboncengan dengan saudaranya saat  akan main ke BNR Bogor dan diberhentikan di tengah jalan oleh  pelaku.

“Modus pelaku menuduh korban telah membacok adiknya, padahal semua itu hanya akal-akalan pelaku saja supaya korban bisa dikecoh lalu dibawa ke tempat sepi dan motor serta dua buah HP korban dan saudaranya dirampas,” katanya.

Kedua pelaku, sambung Hendri memiliki peran masing-masing, SN berperan sebagai mengambil barang hasil kejahatan, sedangkan JN mengawasi situasi sekitar tempat kejadian perkara (TKP).

Sementara, Kapolsek Bogor Barat Kompol Sundarti menerangkan, pelaku mengaku sudah tiga kali melakukan kejahatan ini dengan modus serupa.

“Pelaku berdua, temannya, JN masih dalam pencarian orang (DPO) mencari sasaran anak laki-laki yang masih dibawah umur. Berpura-pura menuduh korban telah membacok adiknya kemudian mengambil motor korbannya,” ungkapnya.

Hasil pencurian yang sudah dilakukan, lanjut Kompol Sundarti dijual lalu uangnya dipergunakan untuk kebutuhan sehari hari.

“Pelaku sehari-hari sopir angkot, karena lagi pandemi Covid-19 ini ia beralasan penumpang sepi sehingga banting stir melakukan kejahatan,” tuturnya.

Pelaku dikenakan tindak pidana Pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman lima tahun penjara. (Bambang Supriyadi)