PAMIJAHAN TODAY – Pemberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pandemi covid 19 di kabupaten Bogor akan segera berakhir dan akan dilanjutkan dengan era new normal.

Direktur eksekutif Jaringan pendidikan muda Indonesia  Ade Irawan mengungkapkan Definisi new normal adalah skenario untuk mempercepat penanganan COVID-19 dalam aspek kesehatan dan sosial-ekonomi. Pemerintah Indonesia telah mengumumkan rencana untuk mengimplementasikan skenario new normal dengan mempertimbangkan studi epidemiologis dan kesiapan regional.

“Kita akan menghadapi era baru, dimana kita akan mulai kehidupan baru dengan pola hidup baru, mengacu kepada protokol kesehatan efek dari covid19,” kata Ade.

Untuk menghadapi new normal ini, sambung dia, dibutuhkan kesiapan segala komponen masyarakat, karena ini melibatkan semua unsur dari level bawah hingga atas. ” kata kuncinya menurut kami, perbanyak edukasi akan pentingnya hidup bersih lewat protokol kesehatan karena itu titik intinya. Agar new normal ini benar-benar bisa kita lewati dengan baik,” bebernya.

Sementara itu, anggota Komisi 4 DPRD Kabupaten Bogor Nurodin Nurahwan mengatakan, new normal bagian penting pola keberlanjutan kehidupan bermasyarakat. “Era ini menjadi keberlanjutan program pemerintah bagaimana mempola kehidupan bermasyarakat,” kata Nurodin.

Legislator asal PKB ini sepakat, jika edukasi mulai saat ini diperbanyak hingga level bawah, artinya informasinya harus sama agar masyarakat pun punya pemahaman yang sama sehingga new normal bisa dipahami bersama. (Agus)