Galeri-UIKA-(1)SEMANGAT menciptakan jurnalistiksebagaimedia dakwah dibangun oleh Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) UIKA Bogor. Berbagai program dan kerjasama juga dirangkai sebagaipengisi liburan mahasiswa.

Oleh: MUFTIHAH MA’RUPAH/UIKA BOGOR
[email protected]

Seminar dan Lokarya (SEMILOKA) mengena i “Jurnalistik Sebagai Media Dakwah” su­dah lama digelar pada Rabu (25/02/2015) lalu di Kampus Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor. Meski begitu, berbagai ker­jasama dan tindak lanjut terus dilakukan oleh Pro­gram Studi KPI –UIKA Bo­gor. Berbagai kerjasama dan kesepakatan itu diantaran­ya upaya pembela­jaran mahasiswa ke berbagai stasiun tele­visi swasta nasional . Tak hanya itu, melalui Fakultas Agama Islam (FAI) UIKA, kerjsama in­ternasional juga dilakukan bersama dengan berbagai Pergu­ruan Tinggi di Thailand yaitu Fatoni Islamic University, Sola­huddin School, dan Daarul Ma’arif.

Ketua Program Studi KPI –UIKA Bogor, Zahrotunni’mah, S.Ag,. M.Si mengungkapkan mahasiswa diajak untuk memperoleh new ex­perience dalam berbagai program, selain mengisi waktu liburan semester yang cukup panjang, Juni hingga Septem­ber 2015 mendatang. “Program Kerja KPI dalam waktu dekat untuk mahasiswa Se­mester 2 adalah ma­gang di Channel TV nasional Trans 7. Disana, mahasiswa yang mengikuti magang sebanyak 5 orang,” jelasnya. Ia juga mengungkapkan, program ini juga diatur dalam pemba­gian divisi yaituProgram Khazanah dan Program News.

5 orang mahasiswa yang masuk dalam Program Khazanah yaitu M. Kholil Arraki dan Nabillah. Semen­tara di Program News yaitu Muftihah Ma’rupah, Thinuk Yukha T dan Lutfiyah Rahimah K. Program ini berjalan sejak 25 Juni hingga 25 Agustus mendatang.

Zahrotunni’mah dan beberapa dosen yang melakukan kunjungan resmi ke Negeri Gajah Putih juga mem­buahkan hasil kesepakatan. Silatura­him dan presentasi yang dilakukan para dosen FAI-UIKA dengan Fatoni Islamic University, Solahuddin School, dan Daarul Ma’arif disepakati untuk menjalankanprogram yang ditawar­kan yaitu Pertukaran Pelajar (Ma­hasiswa), Pertukaran Pengajar (Dosen), Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan Program Pengalaman Lapangan (PPL). “Alhamdulillah, respon yang merekaberikan san­gat positif. Mereka sangat tertarik kepada jurusan dakwah atau KPI. Saya menyampaikan beberapa kon­sentrasi sesuai minatnya yang dibagi menjadi tiga konsentrasi yakni jur­nalistik, dakwah dan penulis buku,” ujarnya.

Sebagai bagian dari kesepaka­tan itui, kini dua orang mahasiswa dari Solahuddin School Thailand su­dah mulai menuntut ilmu di UIKA Bogor untuk tahun ajaran baru, karena ketertarikannya kepada Jurusan KPI. Para mahasiswa tamu ini kini ditampung di Asrama Ulil Albab UIKA Bo­gor untuk memberi kesempatan beradaptasi dan mempelajari Bahasa Indonesia.

Program Kerja KPI-UIKA Bogor ini juga di­rangkai dengan kunjungan ke Pare, Kampung Inggris, Kediri bagi mahasiswa Se­mester 4. Program ini berlangsung sejak 14 Juni hingga 13 Juli 2015, mendatang. Sebanyak25 orang mahasiswa mengikutikegiatan yang merupakan bagian dari kurikulum mata kuliah Bahasa Ing­gris. Salah satu peserta, Dzikri menjelaskan rangkaian ke­giatan selama di Pare di bagi ke dalam tiga kelas uta­manya yakni Grammar for Speaking, Daily for Speaking, dan The Last is Basic Speaking Class .

Sementara Dede Ratipah mengungkapkan rasa syukur an an­tusiasnya mengikuti kegiatan ini. “Program KPI di Pare ini mendo­rong kami untuk memperluas ilmu dan pengalaman baru di luar kam­pus. Apalagi bisa belajar sambil berlibur,” ka­tanya. Ia berharap PROKER ini bisa terus terlaksana dengan baik sehingga bisa m e m b a w a nama harum K a m p u s UIKA, orang tua maupun bangsa Indo­nesia.

Sementara un­tuk Semester 6 akan dilaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) diantaranya di wilayah Kecamatan Cijeruk, Taman Sari dan sebagainya. KKN ini akan dilaksanakan selama kurang lebih 40 hari sejak 3 Agustus hingga Sep­tember 2015. Selain KKN, Zahrotunni’mah juga men­gungkapkan rencana Pro­gram Pengalaman Lapan­gan (PPL) bagi mahasiwa Semester 6 di Thailand pada Oktober hingga No­vember 2015 mendatang.

Laila, salah satu maha­siswi KPI Semester 6 men­gungkakan ia akan berusaha menerapkan keilmuanya di masyarakat. “Kami berusaha menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi di ma­syarakat, baik itu di bidang agama, pendidikan, penge­tahuan, dan lain-lain,” ujar Laila. Semangat ini mem­beri bukti bahwa proses pembelajaran di UIKA senantiasa didorong untuk mengaplikasikan keilmuan secara nyata.