JAKARTA TODAY – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, Ibu Kota Negara (IKN) baru dipersiapkan menjadi kota yang inovatif, smart, dan berkelanjutan. Hal ini membutuhkan banyak persiapan.

Menurut Menhub, ada beberapa negara yang mempunyai ide membangun IKN namun gagal dalam pelaksanaannya.

“Beberapa negara punya pengalaman membangun ibu kota baru, ada yang berhasil, ada yang tidak. Tentu kita ingin ibu kota ini berhasil,” katanya, Rabu (26/2/2020).

Untuk menyukseskan pelaksanaan pembangunan infrastruktur IKN, lanjut Budi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang dari negara-negara luar, seperti Inggris dan Jepang yang akan berkunjung ke Indonesia pada 28 Februari 2020.

“Kita ingin menggali soal ibu kota negara kepada mereka, apa yang menjadi penting, khususnya ibu kota negara,” ujarnya.

Budi menambahkan, IKN ini nantinya akan menerapkan kendaraan berbasis listrik dan autonom, terutama untuk transportasi publik.

“Menggunakan kendaraan listrik. Sebagai contoh kita akan menggunakan kereta dari Balikpapan ke ibu kota baru. Kita juga akan menginisiasi kereta listrik atau tram,” katanya.

Pemerintah menjamin tenaga listrik di IKN yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur mampu menjadi sumber kendaraan otonom tersebut.

“Sumber listriknya di sana banyak sekali. Kaltim penghasil batu bara, banyak sungai-sungai di sana, kemungkinan dari sana listrik kita pakai,” ucapnya. (net)

loading...