GUNUNGPUTRI TODAY – Bupati Ade Yasin berjanji akan menangkap pelaku pencemaran Sungai Cileungsi yang kini kondisinya sudah sangat memprihatinkan. Hal itu ia tegaskan usai meninjau langsung lokasi Sungai Cileungsi, di Desa Bojong Kulur, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor, Selasa (8/10/2019).

“Kita akan lakukan penindakan dulu terhadap pelaku pencemaran sungai,” tegas dia.

Menggunakan perahu karet, Ade Yasin yang langsung terjun ke sungai sempat terdiam melihat kondisi sungai tersebut. Hitam dan mengeluarkan busa di permukaan air, dia menilai Sungai Cileungsi sudah tidak bisa lagi menjadi sumber kehidupan bagi manusia maupun hewan.

Ade Yasin juga menyebut, status Sungai Cileungsi saat ini sudah siaga limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), dan itu harus segera dilakukan normalisasi.

“Kita akan berusaha bagaimana sungai ini kembali bersih. Berbagai upaya telah dilakukan, terkait dengan Gerakan Indonesia Bersih. Untuk normalisasi, kita akan  bekerjasama dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS),” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Pandji Ksatriadji menegaskan, selain akan menindak tegas pabrik pencemar, pihaknya juga akan mengupayakan normalisasi sungai dengan memasang nano buble (gelembung nano), menanam ratusan hingga ribuan pohon di lahan-lahan kritis di wilayah tersebut.

“Kita juga akan membuat IPAL komunal, pengangkayan sampah dari dalam sungai dan juga memasang gelembung nano,” pungkasnya. (Asep B)

loading...