mercedes-benz-a018cdkKEMAMPUAN perempuan dalam mengemudi sedikit ber­beda ketimbang pria. Peremp­uan ada kalanya lebih mengan­dalkan perasaan sehingga lebih berisiko terhadap keselamatan saat mengemudi.

Terlebih, bila masih pemula tentu butuh ekstra fokus selama berkendara. Rayna dari Tech­nical Support Mercedes Benz Indonesia menjelaskan mobil-mobil Mercy telah dilengkapi banyak fitur baik keselamatan maupun kenyamanan yang me­mudahkan kaum hawa dalam aktivitas sehari-hari.

Fitur pertama yang bisa di­andalkan wanita menurut Ray­na yaitu parking assist. Fitur ini akan memarkir kendaraan secara otomatis tanpa perlu memegang setir, pengemudi hanya perlu memasukkan gigi maju atau mundur tergantung posisi parkir.

“Driving assist-nya itu su­dah banyak, jadi menghindari kecelakaan untuk pengemudi pemula. Pertama ya parking assist jelas, itu memudahkan kita tanpa harus pakai tukang parkir karena memarkir ken­daraan secara otomatis. Jadi kita hanya masukin gigi saja maju atau mundur, kemudi yang mengatur sampai bisa parkir,” jelas Rayna, Selasa (21/4).

Fitur lainnya, lanjut Rayna, yang memudahkan perem­puan saat mengemudi yai­tu line keeping assist. Fitur ini akan menjaga mobil tidak me­lenceng dari marka jalan.

“Kendaraan kami kalau ke­luar dari jalur marka jalan dia akan memberikan semacam getaran di setir untuk mem­beri tahu kalau melenceng. Itu ada di spion, khusus kend­araan yang ada kamera 360,” tuturnya.

Fitur terakhir yang me­mudahkan perempuan yai­tu blind spot assist. Fitur ini akan memberi peringatan ke­pada pengemudi bila terdapat objek di titik yang tidak terli­hat mata.

Blind spot assist, kalau perempuan kan kadang suka main belok tiba-tiba ada motor. Fitur ini memberi­kan warning kepada penge­mudi ada objek lain, jangan langsung main belok. Seka­rang untuk semuanya model kami fiturnya sudah ada se­mua dari tipe A Class yang paling bawah, middle, sam­pai atas. Sudah standar,” kata Rayna.

(hilman/net)