LEUWILIANG TODAY – Sambut helaran seni budaya sunda yang akan di selenggarakan Pemkab Bogor Pada Tanggal 25 Desembar mendatang, Camat Leuwiliang Chairuka Judhiyanto akan menurunkan 50 budayawan serta kepala Desa dan para Ibu PKK Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor.

Diacara helaran kirab budaya sunda yang akan di selenggarakan di Cibinong mendatang, akan ikut menyemarakan helaran. Tujuanya untuk manarik wisatawan lokal dan interlokal. Acara tersebut akan mendatangkan para seniman serta membawa pernak pernik seperti bentik kuda dan macan yamg terbuat dari injul yang terbuat dari pohon aren.

“Insha Allah untuk kecamatan leuwiliang  kita akan menurunkan beberapa seniman, dan pernak – pernika ke aneka ragaman budaya, untuk memerihakam Helaran Budaya di Pemkab Bogor,” ujar Chairuka, jumat (17/11/2017).

Menurut Chairuka Judhyanto, setelah selesai helaran budaya sunda selesai di Pemkab Bogor, di lanjutkan mengarakan dongdang hasil bumi, seperti sayur mayur serta hasil panen yang di barengi puluham warga bermacam lapisan masyarakat di wilayah Kecamatan Leuwiliang. Menurutnya, tujuan ini selain melestarikan budaya sunda tapi untuk mengangkat wisata.

“Karna di Leuwiliang ada situs peninggalan Salaka Nagara di zaman sunda kuno, bukan hanya rumah pohon Papabangbon, justru ini yang akan menjadi daya tarik wisata lokal maupun interlokal,” ujarnya.

Chairuka Judhiyanto, memaparkan, bersama-sama budayawan setempat dan ahli seni sunda, yang di ikutin 50 seniman, nanti para seniman menceritakan tentang kerajaan salakanagera. Menurutnya, banyak seniman dan budayawan sunda di Leuwiliang, khususnya di wilayah papabangbon tentu ini akan membawa daya tarik sendiri.

“Karna kita tidak mengandalkan wisata alam, makanya itu saya akan memperkenalkan wisata seni sunda yang semakin punah, tujuannya sejarah sunda supaya masyakaat dunia tau,” ujarnya. (Albi)