Home Bisnis Today UKM Today Modal Minim, Untung Menjanjikan

Modal Minim, Untung Menjanjikan

0
142

B4---27-7-2016-UKM-RevisiBOGOR, Today – Mencari peluang usaha untuk dijalankan secara serius sejatinya tak selalu membutuhkan modal besar. Seperti kedua kakak be­radik ini, diusia yang terbilang muda, keduanya bisa meraup keuntungan besar dengan modal awal yang terbi­lang minim.

Fenti Ferdianti dan Firda Puspi­tasari, sepasang kakak beradik ini kompak menggeluti usaha yang di­beri nama Nyunyu Micu. Nyunyu Micu ini menjual replika makanan, boneka pengantin adat, boneka wisu­da, gantungan kunci, dan souvenir lainnya dari bahan kain flanel.

Sejak tahun 2011, Firda Puspi­tasari atau yang akrab disapa Puput, menggeluti usaha ini berangkat dari ide kratif sang kakak Fenti yang ge­mar dan mahir membuat kerajinan. Jika menoleh kebelakang, Puput ber­cerita, awal modal untuk membuat kerajinan ini tak membutuhkan biaya banyak.

“Awalnya kami mulai membeli bahan sedikit demi sedikit dahulu, terhitung modal awal kami tak sam­pai lebih dari Rp 50 ribu sepertinya,” paparnya kepada BOGOR TODAY.

Nyunyu Micu sebelumnya hanya membuat sebuah gantungan kunci. Lambat laun, dengan kreatifitas yang dimiliki oleh keduanya, Nyunyu Micu terus membuat inovasi seperti mem­buat sendal berhias kepala kartun, boneka, hingga replika makanan.

Pembuatan Nyunyu Micu ini di­lakukan hanya berdua. Kedua kakak beradik berparas cantik ini sepakat untuk tidak menyerahkan usaha ini kepada orang lain. Dirinya mengaku lebih senang dan puas jika bisa meng­hasilkan sebuah karya dari tangan­nya sendiri.

“Kami mengerjakannya masih secara manual, dari membuat pola hingga menjahitnya pun masih meng­gunakan tangan. Kami membuat ini semua secara autodidak,” terangnya.

Perihal harga, Nyunyu Micu menawarkan paket untuk souvenir pernika­han den­gan kisaran harga Rp 5 ribu hingga Rp 15 ribu. “Untuk permintaan souvenir biasanya banyak untuk dibuatkan gantungan kunci dan tepelan kulkas. Namun kami tidak menutup kemung­kinan konsumen ingin memesan apa, kami sebisa mungkin mengikuti ke­inginan konsumen,” jelasnya.

Selain souvenir pernikahan, Nyu­nyu Micu juga menjual boneka lucu seperti boneka wisuda dan boneka pasangan pengantin. Boneka pa­sangan pengantin ini dijual seharga Rp 85 ribu dan untuk boneka wisuda berkisar Rp 50 ribu.

Boneka yang dibuat oleh tan­gan Fenti dan Puput terbi­lang sangat rapi dan juga sangat men­arik. Dengan usaha yang dijalaninya ini, Puput mengaku dalam perbulan­nya bisa meraup keuntungan hingga jutaan.

“Dalam sebulan kami bisa mendapat hingga Rp 6 juta. Itupun fluktuatif, tergantung banyaknya yang memesan,” ungkapnya.

Bagi yang penasaran dan ingin melihat langsung produk Nyunyu Micu, Anda dapat berkunjung ke gal­lery Nyunyu Micu yang berlokasi di Bukit Cimanggu City Blok N4 Nomor 15 Bogor.(*)