BOGOR TODAY – Penyebaran virus corona atau Covid-19 yang semakin hari semakin mengkhawatirkan membuat anggota DPRD Kota Bogor dari fraksi Gerindra, Said Mohammad Mohan melakukan pencegahan penyebaran virus tersebut dengan penyemprotan disinfektan di dapilnya yaitu Bogor Selatan.

Said Mohammad Mohan mengatakan, bahwa penyemprotan disinfektan ini sudah berlangsung sejak Senin kemarin, artinya sudah 4 hari melakukan penyemprotan dengan cara keliling ke setiap kelurahan-kelurahan yang ada di Kecamatan Bogor Selatan, dan hari ini di wilayah Kelurahan Bojongkerta dan juga Harjasari, serta kelurahan yang akan dilintasi, seperti Genteng dan Mulyaharja.

“Jadi selama 4 hari ini kita intens melakukan penyemprotan disinfektan, dan selama 4 hari itu kita keliling wilayah, mulai dari Cikaret, Mulyaharja, Pamoyanan, Rangga Mekar dan Genteng. Bahkan, ada juga wilayah yang sudah dikunjungi kita lakukan penyemprotan lagi. Initinya kita safari terus dan wilayah yang kita lintasi kita semprot sesuai yang sudah kita jadwalkan. Ya, tunjuannya untuk mencegah virus corona supaya tidak semakin meluas,” kata Said Mohammad Mohan dilokasi penyemprotan, Kamis (26/3/2020).

Pria yang akrab di sapa Mohan ini menjelaskan, target penyemprotan dilakukan di setiap masjid. Kenapa, karena masjid merupakan tempat yang rutinitas dilakukan warga untuk beribadah. Kedepannya, sekolah-sekolah juga akan di semprot disinfektan.

“Masjid kan merupakan tempat ibadah yang rutin dilakukan oleh warga, jadi sekarang kita fokus dulu ke situ. Setelah itu, baru lah ke sekolah-sekolah dan kita sudah punya list sekolah mana saja yang akan kita semprot. Tapi, kita lakukan menjelang masuk sekolah,” jelasnya.

Lanjut Mohan, bahan disinfektan yang selama ini disemprotkan ke wilayah itu merupakan racikan sendiri. Hal itu dikarenakan cairan disinfektan sudah sangat langka untuk didapatkan, sehingga dibuat sendiri namun tetap berdasarkan resep yang diberikan oleh Dinas Kesehatan.

“Saya berkomunikasi dengan Dinas Kesehatan dan sampai hari ini mereka kewalahan, kebetulan mereka adalah mitra kita di komisi 4, jadi kita meminta resep kepada mereka kemudian kita buat sendiri bahan disinfektannya,” ujarnya.

Dia juga mengimbau, masyarakat tidak perlu panik berlebihan tapi tetap waspada, hindari keluar rumah dan hindari dari kerumunan massa yang banyak, kemudian gunakan masker bila sakit. “Kemudian mengkonsumsi makanan bergizi, banyak minuman ramuan seperti jahe dan temulawak untuk imunitas tubuh,” pesannya.

Sementara Lurah Bojongkerta Sunandar menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh anggota DPRD Kota Bogor ini. Menurutnya, dengan penyemprotan disinfektan itu sangat membantu pemerintah dalam menimalisir penyebaran Covid-19. “Ya, kami senang dan bersyukur ada anggota DPRD yang mau turun langsung melakukan penyemprotan ini,” katanya.

Dia juga mengaku, semenjak ada himbauan pemerintah terkait pencegahan dan juga melarang adanya perkumpulan warga dengan jumlah massa yang banyak maka pihaknya bersama tim yang ada di kelurahan selalu berkeliling untuk mensosialisasikan himbauan tersebut kepada masyarakat, bahkan melakukan penyemprotan juga ke wilayah.

“Sebelumnya juga kita melakukan hal serupa, dan alhamdulillah semua wilayah yang ada di Bojongkerta sudah kita semprot disinfektan secara serentak,” pungkasnya. (Heri)

loading...