CIAMPEA TODAY – Di Hari Sumpah Pemuda, Tugu atau Monument Perjuangan Kemerdekaan Indonesia yang berdiri tegak, yang hampir menyeluruh setiap Kecamatan di wilayah Barat Kabupaten Bogor seperti di lupakan. Salah satu terlihat di wilayah Kecamatan Ciampea tepatnya di depan Kantor UPT DKS (Dinas Kebersihan dan Sanitasi ). Padahal keberadaan tugu tersebut telah mengukir sejarah perjuangan bangsa indonesia. Alesan berdirinya tugu tersebut untuk mengenang jasa para pejuang supaya tidak hilang jati diri bangsa.

Nomo Suargomo (66) Ketua anak Pejuang Anggkatan 45 Kecamatan Ciampea, menceritakan, alasan berdirinya tugu perjuangan hanya untuk mengenang jasa-jasa Pahlawan yang telah gugur di medan pertempuran, namun berdirinya tugu tersebut Pemkab Bogor seperti melupakan.

“Dulu para pemuda indonesia bersatu untuk memerdekakan tanah air, setelah merdeka kita merasakan kemerdekaan saat ini. Itulah para pejuang yang telah berkorban untuk bangsa,” ujarnya Warga Kampung Warung Borong Rt 03/02 Desa Bojong Rangkas,

Lanjut, Gomo nama sapaanya, berdirinya tugu pejuang di Kecamatan Ciampea, tujuan ganya untuk mengenang jasa-jasa pahlawan. Karna ketika waktu itu wilayah Kecamatan Ciampea dan wilayah barat di Kabupaten Bogor ini telah di kuasai oleh penjajah.

“Namun sangat di sayangkan Pemerintah Kabupaten Bogor hampir di lupakan, padahal kami-kami ini adalah anak-anak pejuang 45. Saya harap tugu pejuang kedepanya bisa di perhatikan,” pintanya

Sementara itu, Sekcam Ciampea, Cecep Imam Nagarasid, saat di komfirmasi, mengatakan pihaknya akan melihat kondisi tugu pejuang tersebut serta mengecek keberadaanya.

“Sudah di TL tinggal diagendakan oleh Desa setempat dan Upt terkait dan terdekat untuk di pelihara kebersihannya,” katanya. (Albi)

loading...