BOGOR TODAY – Memasuki perubahan cuaca yang terjadi di Kota Bogor dan sekitarnya, berbagai kerap dikeluhkan sebagian besar warga. Karena itulah, Dinas Kesehatan (Dinkes) meminta masyarakat agar waspada.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bogor, Dr Erna Nuraena mengatakan, saat ini Kota Bogor sudah mulai memasuki perubahan musim. Di mana cuaca panas dengan cepat berganti dengan kondisi hujan. Perubahan cuaca ini dapat berdampak pada kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Beberapa penyakit yang kerap muncul di saat perubahan cuaca, antara lain ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut), Demam Berdarah, Chikungunya dan Diare.

“Biasakan melakukan dan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jaga kebersihan diri dan lingkungan,”kata Erna dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (12/9/2020).

Tak berhenti sampai d isitu, warga Kota Bogor juga diminta melakukan olahraga secara teratur. Dengan melakukan olahraga secara teratur dapat menjaga kekebalan tubuh terhadap penyakit atau infeksi serta dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Dalam hasil studi penelitian, sambung Erna, ditemukan bahwa orang yang rutin berolahraga dengan porsi intensitas sedang seperti jalan cepat secara rutin dapat membantu menurunkan resiko terkena serangan influenza atau flu sebesar 50 persen.

“Untuk itu luangkanlah waktu 30 menit untuk berolahraga dalam sehari. Kemudian tidak merokok,” jelas Erna.

Merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit, terutama gangguan pada saluran pernafasan. Merokok tidak hanya berdampak pada perokoknya, tetapi juga dapat berdampak pada orang yang berada di sekitarnya (perokok pasif).

“Mengendalikan stress dan istirahat yang cukup. Stres dapat mempengaruhi kekebalan tubuh. Istirahat yang cukup dapat menjaga kesehatan serta daya tahan tubuh dan juga dapat mengontrol stress,” paparnya.

Dalam masa pandemi Covid-19 ini lakukan adaptasi kebiasaan baru dan disiplin protokol kesehatan di manapun Anda berada. Tetap tinggal di rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak. Gunakan selalu masker saat keluar rumah. Jaga jarak minimal satu meter dengan orang lain dan hindari kerumunan

“Jika Anda sakit segera berkonsultasi dengan petugas kesehatan baik secara daring atau datang ke fasilitas kesehatan,” tutupnya. (Bambang Supriyadi)