Untitled-14Alfian Mujani
[email protected]

Ini cara Lurah Sindang Rasa Kecamatan Bogor Timur mengajak para staf dan pegawai kelu­rahan untuk mengawali kegiatan pasca libur Lebaran Idul Fitri 1437 H. Hasan Su­trisna, nama Lurah itu, men­gajak semua jajarannya untuk menanam pohon bersama Tim Bogor Hejo.

Yang menarik, Lurah Hasan justru ngajak para staf dan jajaran Kelurahan Sin­dang Rasa serta Tim Bogor Hejo untuk makan nasi li­wet alias ngaliwet. ‘’Ngaliwet dulu, baru kita nanam pohon. Ya hitung-hitung syawalan lah,’’ kata Lurah Hasan Su­trisna sebelum melakukan penanaman pohon buah-bua­han bersama Tim Bogor Hejo di Kantor Kelurahan Sindang Rasa, Kamis (14/7/2016)

Lurah Hasan rupaya su­dah menyiapkan rencana ngaliwet itu sejak sehari sebe­lumnya, ketika Amalia Dian Puspitasari alias Amel men­gontaknya untuk melakukan kegiatan tanam pohon. Na­mun tak diduga kalau makan­nya itu menggunakan alas daun yang digelar di atas meja dan menjadi piring bersama. Lurah Hasan bersama staf kelurahan makan bersama-sama di atas alas daun yang sama.

Menunya sangat keren yakni nasi liwet, ikan asin, jen­gkol, dan sambal plus lalapan daun singkong dan daun pep­aya. Karena menunya sangat menggoda, meski belum wak­tunya makan siang, semua tampak lahap menyantap nasi liwet panas. ‘’Kalau na­nam pohon kan sudah rutin kita lakukan bersama. Nah, ini kita makan nasi liwet bers­ama di atas daun yang sama,’’ kata lurah yang tampak kocak dan senang ngobrol itu.

Usai makan nasi liwet, seluruh pegawai Kelurahan Sindang Rasa ikut melakukan penanaman pohon buah sir­sak, nangka, jambu jamaika, dan pohon lingdung bintaro. Beberapa pegawai kelurahan tampak tetap melayani warga masyarakat yang membu­tuhkan layanan administras kependudukan dan layanan lainnya.

Tak banyak pohon yang bisa ditanam di halaman kan­tor Kelurahan Sindang Rasa karena lahan yang tersedia sangat terbatas. Namun ke­giatan penanaman pohon ini akan menjadi simbol se­mangat Lurah Hasan dan ja­jarannya dalam mendukung gerakan penanaman pohon setiap hari yang dilakukan Bo­gor Hejo-Bogor Today.

Menurut Hasan, penana­man pohon sudah menjadi agenda rutin di wilayah kelu­rahannya. Karena itu, Hasan mengaku sangat sejalan den­gan gerakan menanam pohon setiap hari yang dimotori su­rat kabar harian Bogor Today dan RAPI.

Hadir pada kesemapatan ini Pemimpin Redaksi SKH Bogor Today Alfian Mujani, Sekretaris Bogor Hejo Tato Marsito, relawan Bogor Hejo Amel—Amalia Dian Puspitasa­ri, dan jajaran kelurahan. (*)

loading...