1Mobil sport Nissan GT-R dikabarkan bakal dilengkapi dengan teknologi otonom. Teknologi otonom itu akan mengajarkan cara mengemudi yang lebih baik dan lebih cepat.

Oleh : Calviano Nathanael
[email protected]

Wakil Presiden Perencanaan Produk Nissan, Ponz Pandikuthira saat wawancara eksklusif den­gan Car Dealer Magazine menyampaikan, teknologi otonom bisa digunakan di se­mua lini kendaraan Nissan. Termasuk juga model performa tinggi seperti Nissan GT-R.

“Kami akan memastikan bahwa semua mobil di line up kami akan memanfaatkan teknologi (otonom) itu. Semuanya dari GT-R hingga Mi­cra (Nissan March). Saya dapat meyakinkan Anda bahwa teknologi otonom dalam mobil-mobil kami akan melengkapi sopir, tidak mer­ebut kenikmatan berkendara,” katanya.

“Bayangkan, sebuah skenario ketka GT-R Anda mengajarkan Anda bagaimana menge­mudi di lintasan pengujian, menunjukkan Anda bagaimana cara menyalip kendaraan, membantu dengan kemudi yang membuat Anda menjadi pengemudi yang lebih baik dan lebih cepat. Itu masih akan menyenangkan dan sangat menarik,” tambahnya.

Saat ini, Nissan telah memperkenalkan teknologi otonom pada Nissan Serena generasi terbaru yang dilengkapi sistem ProPilot. Teknologi tersebut untuk saat ini baru bisa dioperasikan dalam peng­gunaan satu jalur.

Pada 2018, teknologi otonom pada mobil-mobil Nissan dapat mengatasi jalan raya dengan beberapa jalur serta membantu pengemudi untuk menyalip kend­araan di depan. Baru pada 2020, Nissan menargetkan bisa mengenalkan mobil otonom sepenuhnya. (NET)

 

loading...