BOGOR TODAY – Pondok Pesantren (Ponpes) Ar Raudhoh adalah Ponpes yang menggratiskan seluruh santrinya, bahkan sampai keperluan sabun mandipun disediakan oleh Ponpes pimpinan Habib Mahdi Bin Hamzah Assegaf ini. Adapun alamat Ponpes Ar Raudhoh berlokasi di Jl. Sumatera No. 99 Perum, Jl. Bumi Pertiwi Raya, Cilebut Timur, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor.

Ponpes ini didirikan oleh Habib Mahdi Bin Hamzah Assegaf pada bulan agustus tahun 2018 dan sebelumnya beliau sempat sowan kepada Guru beliau Abuya Al Habib  Segaf Bin Hasan Baharun guna meminta restu untuk pembangunan pondok pesantren ini. Bahkan beliau juga meminta kesediaan pada guru-guru beliau dari kalangan Habaib untuk meletakkan batu pertama dilokasi tersebut.

Menurut Ustadz Tari Suardi sebagai asisten pribadi Habib Mahdi Bin Hamzah Assegaf   yang melatar belakangi berdirinya Ponpes adalah berawal dari banyaknya permintaan masyarakat untuk dibuatkan tempat mengaji tetap buat putra-putri mereka,  supaya anak-anak mereka mampu membaca Kitab Kuning dan kelak menjadi Ulama, sebagai pewaris Rosul SAW.

Melalui Ponpes Ar Raudhoh ini nantinya diharapkan mampu mencetak generasi muda yang terpelajar serta semangat membaca kitab guna menyebarkan ajaran ulama’ salaf  dan agar mereka mampu membuat serta menyampaikan materi dakwak ditengah masyarakat dalam berbagai macam acara, sebagai upaya kaderisasi dari guru-guru mereka.

Menurut Habib Mahdi Bin Hamzah Assegaf memasuki tahun ke 2, bertambah pula jumlah santri Ponpes Ar Raudhoh, bahkan ada yang berasal dari luar pulau Jawa seperti Maluku, Jambi, dan Batam. Beliau menambahkan syarat untuk menjadi santrinya sangat mudah, yaitu: Terdapat 15 kuota bagi yatim/piatu, atau tidak mampu, 10 kuota bagi umum, laki-laki berusia kurang dari 13 tahun, semangat belajar, mandiri, mematuhi peraturan Ponpes, bisa baca tulis Al Qur’an dan lulus tes masuk.

Di tempat terpisah Pemerhati Pendidikan Kota Bogor Heru B Setyawan sangat apresiasi dengan apa yang dilakukan oleh Habib Mahdi Bin Hamzah Assegaf, yaitu dengan menggratiskan seluruh santrinya. Heru menambahkan,” Saya tidak kaget Habib Mahdi melakukan hal ini, karena Beliau terkenal sebagai seorang Habib yang dermawan,” ujar laki-laki yang juga jamaah Syam Mania ini. (*)

loading...