RamadanyaBOGOR TODAY – Operasi kemanusiaan dengan sandi Ramadniya 2016, dalam rang­ka pengamanan Hari raya Idul Fitri 1437 H baik sebelum sesu­dah setelah hari raya, telah dilaksanakan jajaran Polres Bogor Kota. Sejak terhitung mulai tanggal 30 Juni hingga 15 Juli 2016, pada pelaksanaan­nya di Kota Bogor berjalan dengan aman dan Kondusif, hal itu berdasarkan hasil anali­sa dan evaluasi.

Dengan tolak ukur itu, ti­dak terjadinya kecelakaan lalu lintas yang bersifat me­nonjol, peningkatan pen­gungkapan tindak kriminali­tas sebanyak 31 kasus atau 72,09 % dari total kasus yang ditangani, jumlah kecelakaan dapat diminimalisir baik dari segi kuantitas maupun fatali­tas korban dan tidak terjadi kemacetan lalu lintas yang stagnan dan berlangsung dalam waktu lama.

Seperti diketahui bersama bahwa Operasi Ramadniya 2016 Polres Bogor Kota telah melaksanakan kegiatan pen­gamanan dengan mengede­pankan Fungsi Preventif (Pen­jagaan) yang didukung dengan upaya deteksi dini (early warn­ing), Preemtif (pencegahan) serta Represif atau penegakan hukum terhadap tindak pidana atau gangguan kamtib­mas nyata yang terjadi selama Operasi.

Kegiatan Preventif diimple­mentasikan dengan, pengge­laran 11 Pos pengamanan dan 1 Pos Terpadu di lokasi-lokasi keramaian dan rawan gang­guan Kamtibmas, untuk mem­berikan rasa aman dan kenya­manan terhadap masyarakat yang melaksanakan kegiatan di pusat-pusat berbelanjaan, wisata, peribadatan maupun jalur mudik menuju kampung halamannya, tercatat selama Operasi beberapa wilayah yang mengalami peningkatan arus lalu lintas antara lain Ja­lan Otista (Pasar Bogor), BTM, Empang, Tajur dan Seputaran Ekalokasari hingga simpang Cipaku.

Selain pantauan lalu lintas yang dilakukan langsung oleh Kapolres Bogor Kota selaku Kasatgas Ops Res, Kegiatan Operasi juga dilakukan den­gan pelaksanaan kegiatan ru­tin yang ditingkatkan, seperti kegiatan Patroli skala Besar se­lama bulan Ramadhan, bedah pasar dan pengecekan harga Sembako yang dilakukan oleh Anggota Pospol yang memi­liki lokasi Pasar, Pengamanan Malam Takbiran di Kota Bo­gor, pengamanan tempat peribadatan saat Shalat Ied.

Tidak kalah penting dan menjadi atensi publik bah­wa keberadaan Presiden RI di Kota Bogor menjadi tantangan dan Dinamika tersendiri selama pelaksa­naan Operasi Ramadniya 2016, dimana Polres Bogor Kota sukses melaksanakan pengamanan Kegiatan Presiden RI yang bersentu­han langsung dengan Ma­syarakat, dimana Presiden melaksanakan kegiatan pembagian Paket Sembako di Wilayah hukum Polres Bogor Kota.

Atas keberhasilan dan berkat kerjasama dalam giat tersebut unsur Muspida dan Masyarakat, Kapolres Bogor Kota, AKBP Andi Herindra Rahmawan S.I.K mengucap­kan terimakasih yang sebe­sar-besarnya atas dukungan semua pihak dalam mensuk­seskan pelaksanaan Operasi Ramadniya 2016.

“Situasi kamtibmas yang aman ini tidak terjadi begitu saja, semua diperlukan upaya-upaya untuk memeliharanya, agar tetap selalu kondusif, dan hal tersebut tercipta pula oleh dukungan dan peran serta aktif masyarakat,” kata Andi Herindra, Kapolres Bogor Kota, kemarin.

Masyarakat, lanjut Ka­polres, bukan hanya sebagai objek yang diamankan, tapi turut berperan aktif menjadi subjek yang membantu tugas-tugas kepolisian baik secara langsung atau tidak langsung. (Abdul Kadir Basalamah)

loading...