Untitled-15ALFIAN MUJANI
[email protected]

Ada banyak pertanyaan, panggung siapa Bogor Hejo? Pertanyaan ini muncul karena publik melihat banyak orang partai politik yang rajin ikut menanam pohon ber­sama Tim Bogor Hejo. Karena itu, pertanyaan tersebut sangat lumrah muncul. Apalagi tak banyak yang tahu asal usul munculnya ger­akan menanam pohon setiap hari ini.

Gerakan menanam pohon setiap hari ini, embrionya adalah kegiatan menanam pohon seminggu sekali yang diprakarsai Alumni Fa­hutan IPB E28, RAPI Kota Bogor, dan Surat Kabar Harian Bogor Today. Dari Alumni Fa­hutan E28 ada Heri Cahyono, Dr Hari Priyadi, Suparno Bayunoto, dan lain-lain. Dari RAPI Kota Bogor diwakili Tato Marsito dan SKH Bo­gor Today diwakili Alfian Mujani.

Tampilnya Heri Cahyono sebagai salah satu inisiator tanam pohon seminggu sekali men­imbulkan kesan bahwa Gerakan Bogor Hejo ini adalah panggung politiknya Heri Cahyono. Dia memang Wakil Ketua DPRD Kota Bogor dari Partai Golkar. Tetapi menanam pohon tak ada urusannya dengan partai beringin.

Dalam perjalannya, Bogor Hejo yang ke­mudian menjadi gerakan menanam pohon setiap hari, juga meminta H. Untung W Mary­ono, Ketua DPRD Kota Bogor untuk menjadi penasihat. Juga tak ada hubungannya dengan PDI Perjuangan, partainya Untung Maryono. Untung diminta sebagai penasihat karena memiliki komitmen terhadap gerakan peng­hiajauan. Bukan hanya Untung Maryono, juga dari partai lain ada Najamudin (PKS), ada Sopian Ali Agam (Gerindra), ada Andi Surya Wijaya (PPP) yang juga rajin ikut menanam pohon dan mendukung gerakan ini.

‘’Intinya, saya ingin tegaskan bahwa Ger­akan Bogor Hejo adalah panggung kebaikan untuk siapapun yang memiliki komitmen untuk menghijaukan kembali kawasan Bogor Kota dan Bogor Kabupaten,’’ kata Alfian Mu­jani, menjawab pertanyaan yang masuk.

Karena itu, pasca lebaran nanti Gerakan Bogor Hejo akan menjadi panggung ter­buka bagi siapapun yang memiliki cita-cita mengembalikan kawasan Bogor menjadi ka­wasan yang hijau, sejuk, nyaman, dan sehat. ‘’Jadi, Bogor Hejo gak ada urusannya dengan partai politik. Tetapi orang politik yang pu­nya komitmen terhadap gerakan penana­man pohon dipersialan ikut ambil bagian,’’ katanya. (*)

loading...