CIBINONG TODAY – Tim panjat tebing Indonesia, berhasil meraih juara pertama pada ajang Internasional Federation of Sport Climbing (IFSC) ACC Asian Championship 2019.

Diselenggarakan di Stadion Pakansari, Cibinong, putra-putri terbaik Indonesia berhasil mengungguli 13 negara yang mengikuti IFSC ACC Asian Championship 2019 Bogor Indonesia.

Di antaranya Thailand, Khazakhstan, Cina Taipei, Korea Selatan, Jepang, India, Hongkong, Malaysia, Singapura, Cina, Filipina, Cambodia, Iran.

Untuk kategori Putri, juara diraih oleh Tim Indonesia A di antaranya Nurul IQamah, Rajiah Salsabillah dan Dorifatus Syafi’iyah yang mengalahkan Indonesia B pada babak final.

Sedangkan untuk kategori putra, juara diraih oleh Indonesia B yaitu Sabri, Fatchur Roji dan Rahmat Adi Mulyono yang mengalahkan Indonesia A di babak final.

Sementara untuk juara ke dua Putri diraih oleh Indonesia B. Yaitu Dharifatus, Mudji Mulyani, berithgna. Regu putra diraih oleh Indonesia A yaitu, Kiromal, Veddrik, Zaenal. Dan untuk juara ke tiga baik putra maupun putri berhasil diraih oleh Khazakhstan.

Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Faisol Riza mengatakan, gelaran kejuaraan tingkat Asia ini merupakan suatu kehormatan bagi FPTI sebagai penyelenggara.

“Semua sudah berusaha memberikan yang terbaik. Dan kita bangga akan hal itu,” kata dia kepada awak media di lokasi, Rabu (6/11/2019).

Menurut Faisol, atlet-atlet panjang tebing Indonesia yang diturunkan dalam kejuaran ini merupakan atlet junior. Hal itu sengaja diambil agar para atlet ini semakin matang dengan belajar dan bertanding dengan atlet dunia yang sudah malang melintang.

“Kita sudah berusaha sebaik mungkin, semua potensi dan kemampuan kita keluarkan. Kita juga berharap memperoleh hasil terbaik. Mudah-mudahan ke depan kita juga dipercaya menggelar kejuaran dunia,” ungkapnya.

Sementara itu, turut hadir dalam kesempatan tersebut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Wishnutama.

Dia mengatakan, mendukung penuh kegiatan tersebut. Kejuaran ini dinilainya tak hanya menarik wisatawan lokal, akan tetapi juga wisatawan mancanegara.

“Ini sangat luar biasa. Kami mensupport ini sebaik mungkin. Harapannya Indonesia menang,” kata Wisnutama. (Firdaus)