Pasar-MerdekaBOGOR TODAY – Kondisi Pasar Merdeka Bogor dini­lai cukup memprihatinkan karena berdampingan dengan Terminal Angkot Merdeka, Ke­camatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PD PPJ) Kota Bogor mengaku akan segera merevitalisasi pasar tersebut.

“Rencananya paling cepat tahun depan revitalisasi untuk Pasar Merdeka akan dilaku­kan. Kondisi bangunannya memang perlu direvitalisasi lagi,” kata Direktur PD PPJ Kota Bogor, Andri Latif, Rabu (20/7/2016).

Dia menyatakan revital­isasi yang dilakukan terhadap keseluruhan bangunan pasar tersebut. Menurut Andri, re­vitalisasi tersebut tanpa harus mengubah bangunan aslinya yang berdampingan dengan Terminal Merdeka.

Dana yang akan digunakan untuk merevitalisasi Pasar Merdeka kemungkinan akan diambil dari APBD. “Kami akan buat dulu DED-nya baru kelihatan berapa dana yang diperlukan. Kemungkinan sekitar 5-10 miliar,” ujar An­dri.

Andri menambahkan, Pas­ar Merdeka memang sudah termasuk target PD PPJ Kota Bogor untuk direvitalisasi. Hanya saja, lanjut Andri, un­tuk mengetahui perlu atau tidaknya Terminal Merdeka berada berdampingan dengan pasar perlu kajian terlebih da­hulu.

Andri menyatakan ke de­pannya ada beberapa pasar tradisional di Bogor yang akan direvitalisasi selain Pasar Merdeka. “Pasar Sukasari, Pa­dasuka, Pamoyanan, dan Ta­nah Baru juga menjadi target revitalisasi selanjutnya,” ujar Andri.

Pasar lain yang revital­isasinya masih berjalan, yaitu Pasar Bogor, Pasar Jambu Dua, dan Blok F Pasar Kebon Kem­bang.

Walikota Bogor Bima Arya menilai akan mengkaji kem­bali letak Pasar Merdeka yang berdampingan dengan Termi­nal Merdeka. Revitalisasi juga sudah direncanakan pada bagian atas dan bawah pasar tersebut. (Abdul Kadir Ba­salamah/ed:Mina)

loading...