BOGOR TODAY  –  PD Pasar Pakuan Jaya (PDPPJ) menerima kunjungan kerja dari Komisi II DPRD Kabupaten Bangka Barat di Ruang Rapat Utama Kantor Pusat PDPPJ (16/3/2018). Kunjungan kerja tersebut dihadiri oleh 10 peserta dan diterima oleh Direktur Utama PDPPJ beserta Kepala Sub Bagian Administrasi dan Umum.

Ketua Komisi II, Zalfian menanyakan tentang bagaimana proses pendirian PDPPJ dan bagaimana sistem pengelolaan PDPPJ serta pegawainya. Adapun dalam mencari sumber pendapatan baru PDPPJ apakah harus mengubah Peraturan/Perda/atau Perwali.

Direktur Utama PDPPJ, Andri Latif A. Mansjoer menjelaskan mengenai proses  pembentukan Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya, bahwa pembentukan sebuah Perusahaan Daerah didasarkan pada Peraturan Daerah. Pembentukan PDPPJ berdasarkan Peraturan Daerah Kota Bogor Nomor 4 tahun 2009 tentang Pendirian Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya dan Peraturan Walikota Nomor 27 tahun 2009 tentang Organisasi dan Tata Kerja Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya Kota Bogor. PDPPJ beroperasi pada tahun 2011 ada waktu dua tahun untuk proses transisi pengelola dari Dinas ke PDPPJ akan tetapi prinsipnya dipastikan harus ada kerelaan dari dinas pengelola pasar sebelumnya.

PDPPJ dikelola dengan sistem swasta, pegawainya semua swasta dan tidak ada satupun yang PNS. Begitu pula background Direksi PDPPJ disini semuanya swasta.

Pertanyaan yang dilontarkan Ketua Komisi II, Zalfian mengenai dalam mencari sumber pendapatan baru PDPPJ apakah harus mengubah Peraturan/Perda/atau Perwali, Andri menjelaskan tidak, karena dalam menentukan besaran tarif dan biaya-biaya itu cukup dengan peraturan Direksi, kecuali jika ada kerjasama dengan pihak ketiga harus ada persetujuan dari Badan Pengawas PDPPJ.

Sambungnya,  dengan adanya kunjungan kerja seperti ini, maka diharapkan dapat meningkatkan pelayanan yang lebih baik lagi terhadap masyarakat, selain itu juga dengan terjalinnya tali silaturahmi dapat mempermudah kerjasama antar instansi. PDPPJ berharap dengan adanya kunjungan kerja ini, peserta kunker mendapatkan masukan yang berguna atas kunjungan ini terkait pendirian Perusahaan Daerah,” tuturnya. (Rifki S)