Untitled-13BOGOR TODAY – Suksesi kepe­mimpinan di Jawa Barat pada 2018 mendatang dipastikan bakal berlangsung sengit. Se­jumlah nama mentereng mulai bermunculan. Setelah Netty Prasetyanti disokong PKS, kini giliran TB Hasanuddin yang disokong maju diusung PDI Perjuangan (PDIP).

“Saya melihat Pak TB Hasa­nuddin sangat layak dimajukan sebagai calon Gubernur Jawa Barat dari PDIP. Saya kenal be­liau adalah sosok yang punya pengalaman. Beliau juga kad­er terbaik kami,” kata Ketua DPC PDIP Kota Bogor, Dadang Danubrata, kemarin.

Dadang mengatakan, sosok TB Hasanuddin di mata kader PDIP di tingkat bawah adalah profil sederhana yang memiliki sikap legowo. “Buktinya, saat Pilgub lalu, dia sudah jadi Plt Ketua DPD PDIP Jawa Barat, tapi kesempatan maju diberi­kan kepada Rieke Dyah Pital­oka. Ini kan langka,” kata dia. “Ini adalah saat tepat untuk beliau membuktikan bahwa PDIP layak memimpin di Jawa Barat,” kata Dadang.

Dadang menyebut, salah satu kemampuan TB Hasa­nuddin yang patut menjadi pertimbangan pemilih adalah sikapnya yang kooperatif dan komunikatif. “Hubungan be­liau dengan Pemerintah Pusat bagus. Ini didukung dengan kemampuan komunikasi yang baik,” kata dia.

Pada saat rakerda di Band­ung pada 23 Februari lalu, TB Hasanuddin mengaku siap maju Pilgub Jawa Barat jika diberikan kesempatan oleh Megawati Soekarnoputri. “Kami sebagai kader di tingkat DPC mendukung penuh beliau maju dalam Pilgub 2018 men­datang. PAC di Jawa Barat juga sudah satu suara,” tandasnya.

Tubagus Hasanuddin atau akrab disapa TB Hsanuddin adalah jebolan AKABRI 1974. Dia juga lulusan S1 ekonomi STIE Pasundan. Kemudian, menuntaskan program pas­casarjana di bidang manage­ment di Universitas Pasundan. Lalu, program Doktoral juga ia sabet di Universitas Pasundan.

Beragam penghargaan per­nah ia raih seperti Satya Len­cana Kesetiaan, Satya Lencana Dwidya Sista, Satya Lencana Wira Karya, Satya Lencana Penugasan PBB, Santi Dharma Garuda XI, Bintang Kartika Eka Paksi Pratama, Bintang Kartika Eka Paksi Nararya dan Bintang Yudha Dharma Nararya.

Karir militee bergengsinya adalah pernah menjabat Sekre­taris Militer Presiden Megawati Soekarnoputri (2001-2004), Sekretaris Militer Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (2004-2005), Staf Mabes TNI AD (2005-2009). Lantas, men­jadi Wakil Ketua Komisi I DPR RI (2009-2014) dan kini masih duduk sebagai Anggota Komisi I DPR RI.

(Yuska Apitya Aji)