BOGOR TODAY – Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PDPPJ) Kota Bogor melakukan studi banding mengenai Cash Management System (CMS) ke Pasar Ciluar pada28 Februari 2019.

Unit Pasar Ciluar yang merupakan bagian dari Perusahaan Daerah Pasar Tohaga itu menerapkan CMS sejak awal tahun 2015. Studi banding tersebut dilaksanakan oleh Direksi PDPPJ beserta jajarannya.

“CMS merupakan suatu cara pembayaran yang dilakukan oleh pedagang melalui suatu lembaga keuangan (Bank). Dengan adanya CMS tidak perlu lagi adanya petugas tarif dari Perusahaan Daerah yang melakukan penagihan biaya – biaya yang menjadi beban para pedagang. Para pedagang cukup dihubungi pihak bank untuk melakukan pembayaran kewajibannya,” ujar Direktur Utama PDPPJ, Muzakkir.

Inisiasi diterapkannya CMS di Pasar Ciluar oleh PD Pasar Tohaga, karena adanya kebutuhan pencatatan Iuran Pemeliharaan Pasar (IPP), tentu saja itu dipandang lebih efektif dan efisien oleh Muzakir,  serta kebutuhan Bank atas peningkatan data base nasabah.

“Setelah didapatkan kesepakatan atas kebutuhan masing – masing pihak atas CMS maka kesepakatan tersebut dituangkan dalam bentuk sebuah perjanjian kerjasama,” tuturnya.

Keuntungan dari CMS, pertama IPP pedagang tercatat dalam sistem Bank dan dapat diperiksa baik oleh PD Pasar maupun pedagang sendiri, pembayaran dilakukan dengan mesin EDC sehingga nasabah dapat langsung menerima bukti setoran dan print out buku tabungan masing masing nasabah.

Kedua adalah meningkatkan kepercayaan pedagang kepada PD Pasar dalam transparasi alokasi iuran pemeliharaan pasar. Ketiga pedagang tidak perlu antri dan meninggalkan tempat usahanya untuk setoran iuran pasar dan menabung. “Keempatnya, pedagang membayar iuran pemeliharaan pasar secara harian sekaligus dapat menabung secara harian sehingga meningkatkan dana pihak ketiga,” katanya.

Sistem yang diterapkan dipasar Ciluar sangat luar biasa, PDPPJ akan mengadopsi dan menerapkan CMS di Kota Bogor. “Sistem yang diterapkan di Pasar Ciluar sangatlah luar biasa, dengan pedagang yang penuh dan sistem yang dikelola sangat baik. Kami masih banyak belajar tentang CMS yang digunakan, semoga CMS yang diterapkan di pasar ciluar bisa kami terapkan di pasar Kota Bogor,” ujar Muzakkir.

Sementara itu, Direktur Operasional PD Pasar Tohaga Kabupaten Bogor, Miki Geger Pramayon berharap kunjungan PDPPJ ke Pasar Ciluar membuat PDPPJ lebih baik lagi dalam pengelolaan pasar di Kota Bogor. “Semoga bermanfaat juga ilmu yang diberikan dari kami untuk PDPPJ,” tutup Miki. (Rifky S)

loading...