BOGOR TODAY – Lurah Empang Hary Cahyadi dan petugas Puskesmas Bondongan mensosialisasikan protokol kesehatan kepada para pedagang dan pengunjung di Pasar Ledeng, Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Dengan alat pengeras suara, petugas Puskesmas Bondongan mengimbau ke pedagang dan pengunjung untuk menjaga jarak dan menggunakan masker ketika berada di luar rumah.

“Pasar menjadi titik rawan penyebaran Covid-19, karena di situ banyak aktivitas warga yang mengundan kerumunan. Untuk itu kami, sosialisikan kepada pedagang untuk menerapkan protokol kesehatan, tujuannya untuk mencegah atau memutus rantai covid,” kata Koordinator Promkes Puskesmas Bondongan, Elisa.

Setelah ditinjau ke lokasi, kata Elisa, ternyata di pasar ini belum dilengkapi fasilitas atau tempat cuci tangan. Padahal, lanjut dia, ditengah pandemi ini tempat cuci tangan merupakan hal yang wajib disediakan.

“Ya, sini kami tidak lihat tempat cuci tangan dan kami imbau kepada pengelola untuk menyediakannya, karena hal itu salah satu protokol kesehatan yang harus dilaksanakan,” ujarnya.

Sementara, Lurah Empang Hary Cahyadi menyampaikan, bahwa menjelang Idul Fitri ini aktivitas pasar meningkat, karena banyak warga yang membeli untuk kebutuhan lebaran. Meski begitu, dirinya berpesan untuk selalu menerapkan phphysical distancing.

“Memang kalau menjelang lebaran itu pergerakan orang ke pasar tidak bisa dihindari, tapi minimal kita mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga jarak, pakai masker dan membiasakan cuci tangan pakai sabun,” katanya.

Sebagai langkah antisipasi kerumunan, lanjut Hary, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengatur lalu lintas di sekitar pasar. “Saya melihat di sini kondisi lalu lintas kendaraan cukup banyak ya, jadi kita berencana untuk menutup akses jalan di sini dan hal itu akan kami koordinasikan dengan dinas terkait,” tandasnya. (Heri)

loading...