JAKARTA TODAY – Pelantikan anggota DPR RI periode 2019 – 2024 berlangsung hari ini, Selasa, 1 Oktober 2019. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) hadir juga saat 575 wakil rakyat itu diambil sumpahnya.

Sejak pukul 06.00 WIB jalur yang menuju gedung DPR/MPR di Senayan sudah dijaga aparat keamanan. Para anggota DPR yang dilantik pun juga sudah datang sejak pagi. Sehari sebelumnya mereka sudah mengikuti pembekalan Empat Pilar yang diselenggarakan MPR .

Berikut fakta-fakta pelantikan anggota DPR RI 2019-2024 seperti detikcom rangkum:

  1. Ada 575 Anggota DPR yang Dilantik

Ada 575 anggota DPR periode 2019-2024 dilantik hari ini. Mereka adalah para wakil rakyat terpilih hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

  1. Muka Baru Anggota DPR

Muka-muka baru anggota DPR yang dilantik hari ini antara lain Hillary Lasut dari NasDem, Puteri Komarudin dari Golkar, dan Adriana Charlotte Dondokambey dari PDIP. Ada juga muka-muka lama yang terpilih kembali. Mereka yakni Bambang Soesatyo dari Golkar, Fadli Zon dari Gerindra, dan Mardani Ali Sera dari PKS.

  1. Artis-artis Jadi Anggota DPR

Ada 14 artis yang dilantik menjadi anggota DPR. Mereka yakni Krisdayanti, Nurul Arifin, Farhan, Rachel Maryam, Nico Siahaan, Mulan Jameela, Arzeti Bilbina, Rieke Diah Pitaloka, Primus Yustisio, Tommy Kurniawan, Eko Hendro Purnomo (Eko Patrio), dan Desy Ratnasari.

. Disiagakan 24 Ribu Personel TNI Polri

Dikutip dari Detik.com, sebanyak 24.870 ribu personel TNI Polri disiagakan pada acara pelantikan DPR. Aparat gabungan terdiri dari unsur TNI-Polri, Pemprov DKI Jakarta serta Pamdal DPR.

  1. Dipimpin Sementara Anggota DPR

Untuk pimpinan sementara pada pelantikan DPR, dipilih Abdul Wahab Dalimunthe dari Fraksi Demokrat dan Hillary Brigitta Lasut dar Fraksi NasDem. Abdul Wahab berusia 80 tahun, sementara Hillary berusia 23 tahun. (Carfine/net)

 

 

loading...