JAKARTA TODAY – Striker Liverpool Sadio Mane terpilih sebagai Pemain Terbaik Afrika 2019 setelah mengalahkan rekan satu timnya Mohamed Salah dan winger Manchester City Riyadh Mahrez di Mesir, Rabu (8/1) dini hari WIB.

Dalam pemilihan tersebut Mane meraih 477 suara, Salah 325 suara, dan Mahrez 267 suara. Penghargaan itu adalah yang pertama bagi Mane dalam kariernya.

Sejak penghargaan 2017, nama Mane selalu masuk dalam tiga besar. Tetapi kalah dari Salah pada dua tahun terakhir.

Gelar tersebut menjadikan Mane sebagai pemain Senegal kedua yang meraih Pemain Afrika Terbaik setelah El Hadji-Diouf pada 2001 dan 2002.

Trofi penghargaan Pemain Terbaik Afrika 2019 diberikan legenda sepak bola Afrika, Samuel Eto’o, yang juga peraih empat penghargaan tersebut.”Sejujurnya, saya lebih senang bermain bola dibandingkan berbicara di depan banyak orang.

Saya sangat senang dan bangga di waktu yang sama,” ujar Mane “Ini hari besar untuk saya, dan saya akan menyukai dengan berterima kasih kepada masyarakat Senegal yang telah memilih saya. Saya dari desa yang sangat kecil yang disebut Bambali, dan saya yakin mereka semua menonton saya malam ini,” ucap Mane menambahkan.

Penghargaan itu disaksikan mantan pelatih Arsenal Arsene Wenger. Meski demikian, dua rival Mane, Salah san Mahrez tidak hadir dalam acara tersebut.

Salah memilih fokus pada latihan dengan Liverpool, sedangkan Mahrez memperkuat Man City menghadapi Manchester United di semifinal Piala Liga Inggris.

Selain Mane, penghargaan juga diberikan kepada striker Barcelona, Asisat Oshoala, sebagai Pemain Terbaik Wanita Afrika. Pelatih Afrika Terbaik diberikan kepada Djamel Belmadi.

Mahrez juga mendapat penghargaan Gol Terbaik. Sedangkan Pemain Muda Terbaik Afrika diberikan kepada Achraf Hakimi. Seperti yang dikutip CNN Indonesia (Viana/pkl/net)