4CIBINONG TODAY– Perkem­bangan para atlet Pusat Pendi­dikan dan Latihan Pelajar Dae­rah (PPLPD) Kabupaten Bogor, tak usah diragukan. Bagaimana tidak, banyak atlet muda lahir dari puluhan cabang olahraga. Mereka bisa menjadi duta olah­raga baik di tingkat lokal, nasi­onal, bahkan internasional.

Direktur PPLPD Kabupaten Bogor, Yadi Mulyadi AR men­gatakan, program pembinaan yang baik, menjadi salah satu kunci keberhasilan para atlet dalam meraih prestasi. “Saat ini akan banyak kejuaraan nasion­al yang akan diikuti atlet PPLPD. Tentunya, pola latihan harus lebih dioptimalkan, baik dari segi kemampuan, serta persia­pan fisik yang baik menjelang event nanti,” ujar Yadi Mulyadi AR, beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, PPLPD Kabupaten Bogor didesain tidak sama dengan PPLPD lain, yang hanya mengandalkan pelatih, atlet, dan sedikit dokter saja. Melainkan mengkolaborasikan antara sport sciene, sport medi­cine, serta pembentukan karak­ter para atlet.

“Kita mendidik mereka ti­dak hanya dalam segi ilmu keo­lahrgaan saja, tetapi kita kom­binasikan semuanya mulai dari sport sciene, sport medicine, dan pembentukan karakter. Kita berlakukan samapta peng­ajian penyediaan tenaga medis hingga psikolog keolahragaan yang mampu memahami kara­kter para atlet,” tambah Yadi.

PPLPD Kabupaten Bogor saat ini terus meningkatkan pem­binaan kepada 150 atlet dari 16 cabang olahraga, terlebih untuk menyiapkan fisik, mental serta kemapuan atlet menjelang ke­juaraan. “Semoga para atlet bisa memberikan yang terbaik, dan meraih hasil yang maksimal pada setiap kejuaraan. Terlebih di ajang besar seperti Pekan Olah­raga Daerah 2018 mendatang,” pungkasnya.

Sementara itu, berdasarkan hasil rapat kordinasi Kemenpo­ra dengan para PPLPD, PPLP, dan SKO yang digelar di Yog­jakarta belum lama ini, mene­tapkan 13 event Kejuaraan Nasional (Kejurnas) olahraga antara PPLPD, PPLP dan SKO yang akan digelar pertengahan tahun ini.

Semua rangkaian, atau jadw­al kalender Kejurnas bagi para lembaga pengelola olahraga pelajar tersebut wajib diikuti semua PPLPD, PPLP, dan SKO yang ada di tanah air, termasuk PPLPD Kabupaten Bogor yang akan ambil bagian dari jadwal kalender Kejurnas yang sudah ditetapkan.

PPLPD Kabupaten Bogor akan ikuti 13 jadwal, atau agen­da Kejurnas untuk tahun 2016. Ini sifatnya wajib, karena un­tuk mengukur parameter ke­berhasilan masing-masing ca­bang olahraga di tiap PPLPD, PPLP, atau SKO dalam melaku­kan pembinaan, dan latihan kepada para atletnya,» ucap Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Peningkatan Prestasi Olahraga Pelajar, Elwi Sulis­tianto. (Imam)

loading...