BOGOR TODAY – Pemilihan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Genteng, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, berlangsung meriah. Bahkan pelaksanaannya, serasa seperti pemilihan kepala desa (pilkades), di mana para calon ketua LPM ditampilkan dihadapan masyarakat dan duduk diatas panggung.

Bukan itu saja, keikutsertaan calon ketua LMP itu pun merupakan terbanyak dibanding pemilihan LPM kelurahan yang ada di Kecamatan Bogor Selatan. Sebab, di pemilihan tersebut diikuti sebanyak tujuh orang calon.

Ketujuh orang calon ketua LPM itu, di antaranya Agus Setiawan nomor urut 1, Abang Ryan (Yanuar) nomor urut 2, Okay (Sukatma) nomor urut 3, Hervyana Suherman nomor urut 4, Eded (Ade R) nomor urut 5. H Soleh nomor urut 6 dan terakhir diisi oleh calon incumben yaitu Cepih Haerudin nomor urut 7.

Selain itu, di pemilihan LPM juga dihadiri Anggota DPRD Kota Bogor Fraksi PPP Gilang Gugum Gumilar dan Camat yang diwakili Sekcam Bogor Selatan Riki Robiansyah, serta Lurah Genteng Yusep Farizal dan Lurah Bojongkerta Sunandar.

Ketua Panitia Pemilihan LPM Genteng, Ujang Kowi mengatakan, memang di pemilihan LPM tahun ini dikonsep seperti layaknya pesta demokrasi pemilihan kepala desa atau kepala daerah. Hal itu dilakukan, untuk meningkatkan animo masyarakat didalam pemilihan LPM sesuai pilihannya masing-masing. Kemudian, untuk meningkatkan kekompakan dan juga kebersamaan.

“Alhamdulillah dengan apa yang kita laksanakan ini bisa menarik minat masyarakat untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS). Antusias mereka begitu tinggi, bahkan antusiasme mereka saya lihat mencapai 90 persen,” kata Ujang Kowi kepada BogorToda, Minggu (27/9/2020).

Pria yang juga Ketua RW01 itu menuturkan, untuk pemilihan LPM ini jumlah daftar pemilih tetap (DPT) ada 515 orang yang tersebar di 11 RW. “Artinya kita mendata per RW itu ada 50 orang yang memiliki hak suara. Dari data tersebut terdiri dari pengurus RT-RW, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh lemyda dan masyarakat umum. Alhamdulillah mereka 90 persen datang,” jelasnya.

Tak lupa, dalam pelaksanaannya juga panitia menerapkan protokol kesehatan, mulai dari jaga jarak, memakai masker dan menyediakan tempat cuci tangan. “Karena sekarang ini masih covid-19, kami mengimbau kepada masyarakat untuk menerapkan 3 M (Menjaga Jarak, Memakai Masker dan Mencuci Tangan). Hal itu dilakukan untuk mencegah penularan covid-19,” ujarnya.

Ia berpesan, siapa pun terpilih nanti para calon ini harus melaksanakan amanahnya dengan baik, dan bisa membawa kelurahan Genteng lebih baik lagi. “Harapan kami, mudah-mudahan kedepan siapa saja yang terpilih nanti bisa melaksanakan amanahnya dengan baik,” tandasnya. (Heri)