TAMANSARI TODAY – Pada 2021 mendatang Pemerintah Kabupaten Bogor menargetkan pengembangan Geopark Nasional Pongkor untuk menjadi Unesco Global Geopark (UGG).

Menurut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin, jika Geopark Pongkor telah diakui dunia akan terasa manfaatnya, bukan hanya untuk keperluan konservasi, Geopark Pongkor juga untuk edukasi, wisata dan pemberdayaan ekonomi secara berkelanjutan.

“Pengembangan Geopark Nasional Pongkor dapat menjadi prioritas pembangunan, pasca ditetapkan sebagai salah satu Geopark Nasional untuk menjadi Unesco Global Geopark (UGG),” kata Burhan yang sekaligus Ketua Dewan Pembina Badan Pengelola Kawasan Geopark Nasional Pongkor,” melalui keterangan tertulisnya yang diterima wartawan, Selasa (18/2/2020).

Sementara, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Daerah Kabupaten Bogor, Syarifah Sofiah menjelaskan untuk kecamatan yang termasuk dalam kawasan Geopark Nasional Pongkor mendapatkan pagu indikatif khusus pengembangan Geopark Nasional Pongkor.

“Setiap Kecamatan diwilayah Geopark Nasional Pongkor mendapatkan alokasi pagu indikatif pada 2021 untuk pengembangan Geopark sebesar satu Miliar bersumber dari APBD Kabupaten Bogor,” tandasnya. (Bambang Supriyadi)

loading...