CIBINONG TODAY – Jelang perhelatan piala dunia U-20 yang akan digelar di stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor pada 2021 mendatang, Pemkab Bogor telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 250 miliar. Alokasi dana tersebut, bakal dianggarkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020 dan 2021.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bogor, Bambang Setiawan mengatakan bahwa Stadion Pakansari bakal dipugar besar-besaran karena akan menjadi salah satu tempat pertandingan ajang sepak bola tersebut.

“Bupati sudah mengalokasikan dengan persetujuan dari dewan,” kata Bambang, saat di konfirmasi, Selasa, (25/2/2020).

Menurut Bambang, total anggaran Rp 250 miliar itu sebagai akumulasi dari mata anggaran beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Itu dibagi ke beberpa SKPD seperti PUPR dengan jalan, DKPP dengan pertamanan, terus DLH dengan kebersihan, Satpol PP dengan penertiban,” paparnya.

Pemkab Bogor, kata Bambang, bakal memperbaiki akses jalan dari kawasan Sentul menuju Stadion Pakansari. Selain itu, dia menambahkan, ada pula anggaran dana untuk pembuatan videotron untuk ajang promosi Piala Dunia U-20. “Nanti akan ada Tugu Sport Center Pakansari,” ucapnya.

Khusus untuk renovasi Stadion Pakansari, Bambang menyebutkan, tim dari FIFA (Federasi Sepak Bola Dunia) telah menyampaikan beberapa catatan saat mereka berkunjung ketika proses biding Piala Dunia U-20. Menurut dia, catatan itu antara lain, pembuatan lift untuk penonton disabilitas, pembuatan jacuzzi berupa kolam air panas dan dingin, perbaikan lampu, penambahan sound system dan perbaikan toilet.

“Semua disesuaikan dengan standar internasional karena World Cup ini hajat dunia yang digelar di Pakansari,” tukasnya. (Bambang Supriyadi)

loading...