CIBINONG TODAY – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor nampak belum serius menangani persoalan infrastruktur jalan di Bumi Tegar Beriman. Buktinya, hingga saat ini persoalan tersebut belum bisa dibenahi sepenuhnya.

Parahnya lagi, kerusakan jalan ini terjadi di lokasi yang hanya berjarak sekitar 500 meter dari kantor pemerintahan Kabupaten Bogor di Cibinong. Yakni ruas Jalan Sirojul Munir, Kelurahan Pakansari, Kecamatan Cibinong.

Menurut pengakuan warga pengguna jalan, Renita (26), kondisi jalan tersebut sudah sangat mengganggu kenyamanan warga khususnya pengendara sepeda motor.

Padahal, kata dia, pemeliharaan jalan selalu dilakukan. Mulai dari diaspal, hingga penambalan jalan. Namun tak lama berselang jalan kembali rusak.

“Apalagi musim hujan, jalan selalu tergenang air. Kita (pengendara) bahkan khawatir dengan ini, lubang jalan tertutup genangan air sehingga tak terlihat,” kata Renita, Kamis (13/2/2020).

Tak hanya itu, ia pun mengaku khawatir jika jalan yang rusak ini menimbulkan korban jiwa khususnya pengguna jalan. Terlebih saat malam hari yang juga minim penerangan jalan di kawasan itu.

“Ya ngeri. Udah mah rusak nggak kelihatan. Padahal jalan yang lain mulai bagus. Tapi di titik ini rusak mulu,” keluhnya.

Menyikapi hal itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jalan dan Jembatan Wilayah I Cibinong Dinas PUPR Kabupaten Bogor, Agus Sukwanto pun mengakui jika jalan tersebut selalu saja rusak meski sudah diperbaiki.

Menurutnya, masalah utama di jalan tersebut adalah buruknya sistem drainase jalan. Sehingga setiap kali turun hujan, air tidak langsung mengalir, namun menggenang di badan jalan.

Pria yang akrab disapa Agus Apuy itu pun memastikan jika dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan perbaikan drainase sekaligus badan jalan akan dilakukan. Rencananya, tahun 2021 jalan ini akan dibeton atau ditinggikan.

“Iya sebentar lagi ditutup. Lagi cari buangan saluran airnya dulu, tapi tahun depan jalan ini di dicor,” jelas Agus Apuy. (Firdaus)

loading...