BOGOR TODAY – Menjelang lebaran biasanya ada masyarakat yang pulang ke kampung halaman. Namun ditengah pandemi Covid-19 ini, tentu pemudik tidak diperbolehkan untuk pulang kerumahnya langsung.

Demi mencegah penyebaran covid-19, Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor kini memiliki rumah isolasi yang disiapkan oleh warganya untuk menampung pemudik yang dinyatakan OTG, ODP dan PDP. Rumah isolasi tersebut berada di Layungsari, RW18.

Camat Bogor Selatan, Hidayatulloh bersama Lurah Empang Harry Cahyadi meninjau kesiapan rumah isolasi yang disediakan warga Layungsari.

Camat Hidayatulloh menyampaikan rasa terima kasihnya kepada warganya yang sudah berkenan rumahnya dijadikan rumah isolasi untuk penanganan Covid-19, baik warganya yang dinyatakan OTG, ODP, PDP, serta warga asli disini yang kedapatan merantau kemudian pulang kampung ke sini.

“Jadi, ketika warga Layungsari yang merantau kemudian besok pulang kampung ke sini tidak bisa langsung pulang kerumahnya melainkan di isolasi dulu di sini,” kata Hidayatulloh.

Menurut Hidayat, dengan adanya rumah isolasi ini merupakan salah satu upaya RW Siaga bersama warganya yang ada di empat rw. Ia berharap, apa yang dilakukan warga empang ini menjadikan inovasi juga bagi Rw siaga lain yang ada di Bogor Selatan.

Terkait fasilitas, sambung Hidayat, rumah isolasi ini sudah disiapkan tempat tidur yang bersumber dari swadaya masyarakat. Selain itu ada juga kursi roda dan oksigen. “Rumah isolasi ini terdapat beberapa kamar dan untuk sementara kita fungsikan dua kamar dulu dengan fasiltas yang tadi sudah di sebutkan. Untuk kapasitasnya, satu kamar bisa menampung 3 sampai 4 orang,” ujarnya.

Sementara itu, Lurah Empang Harry Cahyadi menambahkan, kelengkapan fasilitas dalam menangani covid ini akan disesuaikan perkembangan, artinya apabila ada penambahan pemudik atau warga yang diisolasi pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait.

“Untuk yang sekarang kita punya karpet, tapi kedepannya kita akan berkoordinasi dengan masyarakat RT/RW, dan tidak menutup kemungkinan kita akan berkoordinasi dengan instansi terkait, menyiapkan tempat tidur utamanya. Tapi untuk APD, kita sudah punya mulai dari perlengkapan baju medis, masker, sarung tangan dan kacamata,” pungkasnya. (Heri)

loading...