CIBINONG TODAY – Pencarian tiga korban longsor di Kampung Sinar Harapan, Desa Harkat Jaya, Kecamatan Sukajaya, dan satu korban hanyut di Kampung Parung Sapi, Desa Kalong Sawah, Kecamatan Jasinga, diberhentikan. Keempatnya dinyatakan meninggal dunia setelah hampir dua minggu dilakukan pencarian dan tidak ditemukan oleh tim evakuasi.

“Jadi berdasarkan kesepakatan bersama Basarnas dengan warga juga RT dan RW pencarian diberhentikan. Dan kita nyatakan mereka sudah meninggal dunia,” ujar Penanggung Jawab Tim Tanggap Bencana, Brigjend (TNI), Novi Helmy kepada wartawan usai rapat terbatas evaluasi penanganan bencana di Pendopo Bupati Bogor, Cibinong, Senin (13/1/2020).

Lanjut Novi, setelah mendapatkan persetujuan dari keluarga para korban, pihaknya bersama masyarakat langsung menggelar doa bersama.

“Kami langsung mendoakan para almarhum. Mudah-mudahan amal ibadah semua korban bencana yang meninggal dunia diterima di sisi Allah SWT,” jelas pria yang juga merupakan Komandan Korem 061/Surya Kencana itu.

Sementara, dari data yang diterima, tiga orang korban yang tertimbun longsor dan belum ditemukan di Kampung Sinar Harapan, Desa Harkat Jaya, Kecamatan Sukajaya di antaranya Amri (65), Maesaroh (25), dan Cici (10). Sementara satu korban warga di Kampung Parung Sapi, Desa Kalong Sawah, Kecamatan Jasinga adalah Hilman (15).

Pemberhentian pencarian korban bencana tersebut juga dibenarkan Kepala Seksi (Kasi) Ops dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan, Bandung, Jawa Barat, Rudi.

Saat dihubungi wartawan melalui pesan WhatssApp, Rudi menyebut pencarian diberhentikan dikarenakan kondisi sudah tidak memungkinkan. Terlebih evakuasi dilakukan hampir dua minggu sejak bencana melanda pada Rabu 1 Januari lalu.

“Terakhir pencarian itu hari Minggu. Setelah itu kita putuskan untuk berhenti melakukan pencarian,” kata Rudi. (Firdaus)

loading...