dblOleh : IMAM BACHTIAR
[email protected]

BOGOR,TODAY-Memiliki sa­rana dan prasarana lengkap menjadikan bola basket di Kota Bogor mengalami peningkatan. Dibangunnya Gelanggang Olah­raga (GOR) Semi Indoor mem­buat pembinaan berjalan secara berkesinambungan.

Banyak dari sekolah-sekolah dari berbagai jenjang melaku­kan program latihan di tempat tersebut.

Menjamurnya sekolah yang melakukan latihan membuk­tikan Kota Bogor tak akan ke­hilangan bibit pebasket andal. Hal tersebut diungkapkan man­tan Sekretaris Umum (Sekum) Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi), Purwana Ryadi.

Purwana menambahkan, dunia basket di Kota Bogor men­galami peningkatan. “Bahkan bisa semakin berkembang. Saya yakin, dengan adanya fasilitas sarana, dan prasarana minat ke­pada bola basket khususnya dari kalangan pelajar meningkat,” kata Purwana Ryadi.

Dia menambahkan, Kota Bogor akan berbicara banyak saat pelaksanaan Pekan Olah­raga Daerah (Porda) 2018 men­datang.

“Program pembinaan bisa dikatakan maksimal, saya pun melihat saat pelaksanaan Pe­kan Olahraga Pelajar Daerah (Popda), beberapa waktu lalu. Banyak pemain muda potensial yang nantinya akan menjadi tu­lang punggung Kota Bogor un­tuk Porda 2018,” sambungnya.

Khusus persiapan Porda 2018, Purwana angkat bicara mengenai atlet, dan pelatih. Dalam melatih para atlet, ja­jaran pelatih tim harus meng­hilangkan egonya masing-mas­ing demi peningkatkan kualitas, dan talenta atlet dalam bermain.

“Kalau pelatih sepakat den­gan program pelatihan yang dia­dakan Pengcab Perbasi, seperti­nya pelatihan akan lebih terlatih. Kebanyakan kali ini para pelatih menggunakan egonya masing-masing sehingga anak didiknya pun kurang ada peningkatan,” tambah Purwana.

Pembinaan secara terpro­gram, dan berkesinambun­gan, kata Purwana merupakan modal awal sebelum Kota Bogor terjun pada Porda 2018 men­datang.

“Sejauh ini beberapa klub basket, dan sekolah intens melakukan latihan. Perbasi sendiri nantinya akan merekrut mereka yang benar-benar mem­punyai potensi,” tegasnya.

Peluang Kota Bogor baik tim basket putra, dan putri pada Porda 2018 mendatang me­mang ada. Namun, tim pelatih yang terpilih, nantinya harus benar-benar selektif dalam mer­ekrut atlet yang kini dibina di sekolah, atau pun klub.

loading...