BOGOR TODAY – Pemerintah Kota Bogor mencatat sepanjang 2019 terdapat 423 penderita kanker dengan rincian, 226 penderita kanker payudara, 35 penderita kanker rahim dan ovarium, 23 penderita kanker darah, 139 penderita kanker lainnya dan 45 orang dinyatakan kanker stadium akhir.

Terkait itu, Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Bogor akan akan menggelar Lomba Cerdas Cermat (LCC) bagi 30 komunitas di Kota Bogor dalam upaya memperingati Hari Kanker 2020. Untuk diketahui, LCC ini akan digelar dengan konsep fun di Taman Ekspresi, Jalan Sempur, Kota Bogor, Minggu (1/03/2020) mendatang.

Ketua YKI Kota Bogor, Yane Ardian mengatakan kegiatan tersebut diawali dengan senam terlebih dahulu di Plaza Balai Kota Bogor, kemudian sebanyak 600 peserta dari 30 Komunitas akan dilepas Wali Kota Bogor dengan berjalan kaki menuju lokasi.

“Lomba cerdas cermat ini fokus materinya mengenai Perilaku Hidup Sehat dan Bersih (PHBS) dan Kanker. Sesuai arahan Wali Kota Bogor soal-soal pertanyaan pun tidak akan terlalu banyak dan bisa mudah dipahami peserta,” ujar Yane di Balaikota, Jumat (21/2/2020).

Kegiatan itu, sambung Yane, untuk mengedukasi peserta dan masyarakat melalui materi yang diberikan. “Semoga acara ini disambut baik Komunitas dan masyarakat agar fungsi YKI sebagai organisasi kuratif dan promotif bisa terwujud,” ucap istri Wali Kota Bogor, Bima Arya.

Sementara, Wakil Ketua Panitia, Oki Kurniawan menjelaskan, sesuai dengan konsep acara yang have fun pihaknya juga akan mengedukasi pembawa acara untuk belajar mengenai kanker. Tak hanya itu, komunitas yang mengikuti LCC juga turut menampilkan performance dengan tema kanker dan PHBS.

“Dengan cerdas cermat peserta jadi belajar menghafal dan mempelajari kanker. Harapannya kalau acara ini berhasil maka akan lebih banyak masyarakat yang tau tentang kanker,” katanya. (Bambang Supriyadi)

loading...