CILEGON TODAY – Berbagai upaya dilakukan guna memperlancar arus mudik di Pelabuhan Merak, Banten. Salah satu caranya dengan mengalihkan truk-truk besar ke Pelabuhan Tanjung Priuk.

“Kita akan meningkatkan kapal-kapal dari Priok menuju Panjang dan disana kemungkinan kita akan mendapat bantuan dari TNI AL. Saya tadi telpon Panglima, mudah-mudahan nanti TNI AL bisa membantu. Jadi, truk tertentu tidak usah lewat sini (Merak), langsung dari Priok,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sabtu (11/5/2019).

Selain itu, upaya lainnya yakni menggunakan pelabuhan yang ada di sekitar Pelabuhan Merak, seperti pelabuhan Bojonegara dan mengupayakan pengoprasian kapal dengan kapasitas lebih besar dan lebih cepat.

Menhub juga meminta agar mengoptimalkan penjualan tiket online dan memberikan insentif bagi pemudik yang tidak berangkat di jam-jam puncak.

“Masyarakat bisa memesan (tiket) online dengan memesan online itu memudahkan kita memprediksi jam puncak itu ada dimana. Pengalaman tahun lalu penjualan online belum efektif, harus ditingkatkan lagi campaignnya,” ujar Budi.

Menhub pun menerima masukan dari Basarnas agar PT ASDP dan operator kapal menambah jumlah pelampung pengamanan di dalam kapal yang beroprasi di penyeberangan Pelabuhan Merak-Bakahuni. (net)

loading...