Rosberg_Abu_Dhabi_Win_2015_F1WeekendsBUDAPEST- Kabar gembira datang dari garasi Mercedes-AMG Petronas jelang GP Hungaria di Sirkuit Hungaroring, akhir pekan ini. Bagaima­na tidak, pebalap mereka dan calon juara dunia Formula One (F1) Nico Rosberg memperpanjang kontrak hingga 2018, Jumat (22/7/2016).

Dengan kepastian ini, Mercedes masih akan diperku duet Nico Rosberg dan Lewis Hamilton sekaligus melanjutkan dominasi pabrikan asal Jerman di lintasan jet darat hingga dua musim ke depan.

Menurut laporan sejumlah media, bos Mer­cedes, Toto Wolff sampai merilis video ke media sosial ketika Rosberg menggoreskan tinta pada selembar kontrak yang diajukan oleh tim. Den­gan demikian, spekulasi tim yang berencana memisahkan Rosberg dan Hamilton pasca men­galami insiden kecelakaan di paruh pertama musim ini hanya isapan jempol belaka.

Sekarang, Rosberg tetap melanjutkan karier balapnya di jet darat bersama Arrows Silver selama dua tahun ke depan. Kemungkinan ia mengambil keputusan itu lantaran saat ini be­rada di puncak klasemen sementara Formula 1 dengan mengoleksi 168 poin atau selisih satu poin dari Hamilton.

Kontrak baru Rosberg berati line-up tiga tim teratas tidak akan berubah pada musim depan. Ferrari lebih dulu memastikan Kimi Raikkonen akan berduet dengan Sebastian Vettel di GP Ing­gris sedangkan Daniel Ricciardo berkomitmen tetap di Red Bull.

“Kami senang mengumumkan bahwa Tim Formula 1 Mercedes AMG Petronas Formula 1 telah menandatangani sebuah perpanjangan kontrak selama dua tahun dengan Nico Rosberg untuk musim F1 2017 dan 2018,” bunyi per­nyataan Meredes dikutip the Guardian.

«Nico selama ini menjadi seorang anggota penting dari Silver Arrow sejak tim kembali ke olahraga ini pada 2010 dan sudah memainkan sebuah peran krusial dalam kesuksesan tim.»

«Dia sudah membukukan 19 kemenangan Grand Prix dan 25 pole position dengan Mer­cedes-Benz dan saat ini memimpin klasemen pebalap,» tutup pernyataan itu.

Rosberg sendiri tak ciut nyali dengam kem­balinya performa Hamilton hingga mampu me­mangkad defisit ketertinggalan poinnya dari Rosberg. Dalam lima seri terakhir, pebalap Jer­man itu hanya mampu sekali menang di Baku. Di sisi lain, Hamilton justru sukses memenangi empat dari lima balapan terakhir.

Alhasil, jarak Rosberg dengan Hamilton terpangkas. Dengan mengumpulkan 167 poin, Hamilton kini berada di posisi dua dengan han­ya terpaut satu angka saja dari rekan setimnya itu sekaligus membuka lebar-lebar peluangnya dalam perburuan titel juara dunia.

«Tidak, tidak,» jawab Rosberg saat ditanya mengenai adanya tekanan dalam konferensi pers jelang GP Hungaria, seperti dikutipReuters.

«Karena, bagiku, maksudku kita semua bisa setuju dengan fakta bahwa sejauh ini aku sudah menjalani musim terbaik dari seluruh pebalap. Itu yang menjadi fokusku sekarang.»

Rosberg sudah dua kali kalah dari Hamilton dalam perebutan titel juara. Akhir pekan ini dia akan mencoba membuka jarak dengan rival-ri­valnya di Hungaroring.

«Aku tidak ingin melihat situasinya secara keseluruhan. Soalnya pendekatan terbaik un­tukku dalam memenangi balapan hanyalah fokus pada balapan terdekat,» cetus Rosberg.

Balapan di Hungaria akan menjadi tantan­gan besar bagi Rosberg. Pasalnya, Mercedes belum lagi juara di Hongaroring usai Hamilton memenanginya pada 2013. (Rishad/Net)

loading...