JERMAN TODAY- Lukas Podolski mengakhiri laga terakhirnya bersama Timnas Jerman dengan manis seusai mencetak gol penentu kemenangan Der Panzer 1-0 atas Inggris pada laga persahabatan di Signal Iduna Park, Rabu (22/3).

Mantan pemain Bayern Munich itu tampil ngotot pada laga perpisahannya. Ia kerap melepaskan tembakan jarak jauh yang selama ini menjadi andalannya.

Gol ciri khas Podolski pun akhirnya tercipta di menit ke-69. Umpan pendek Andre Schurlee dari lini tengah disambut dengan tembakan keras kaki kiri Podolski yang tak mampu diadang Joe Hart.

Gol yang diciptakan Podolski ternyata menjadi satu-satunya gol yang tercipta pada laga ini sekaligus terasa spesial mengingat tampil di laga terakhirnya bersama timnas Jerman.

Ini menjadi gol ke-49 Podolski dari 130 penampilannya bersama Die Mannschaft. Sebuah torehan cukup mengesankan mengingat ia lebih banyak dimainkan sebagai penyerang sayap.

Podolski mengumumkan gantung sepatu dari timnas Jerman pada 15 Oktober lalu, setelah tak bersinar di Piala Eropa Perancis 2016.

Keputusan ini bukan hal yang mengejutkan, mengingat ia memang sudah lebih dulu menyatakan niatnya pensiun sebelum hajatan sepak bola Eropa itu bergulir.

Mantan pemain Arsenal itu memang sudah tak masuk skuat utama Joachim Loew di Piala Eropa. Ia hanya sekali bermain sebagai pemain pengganti saat Jerman mengalahkan Slovakia dengan skor 3-0 di babak penyisihan grup.

Podolski menjalani debutnya bersama timnas jerman dengan kekalahan. Jerman di bawah kendali Rudi Voeller takluk 0-2 dari Hungaria pada laga persahabatan di tahun 2004.

Ia sempat menjadi andalan andalan lini depan Jerman dan sukses membukukan 49 gol dari 130 pertandingan. Sebelumnya, keputusan yang sama (pensiun) lebih dulu diambil Bastian Schweinsteiger pada Juli lalu.

Selepas pensiun dari timnas, Podolski mengaku bakal mendedikasikan lebih banyak waktu untuk keluarga. Keputusannya untuk pensiun pun mendapat dukungan penuh dari istri dan anak-anaknya. Terimakasih Podolski! (Yuska Apitya/cnn)