JAKARTA TODAY – Pihak kepolisian tengah mendalami maraknya kemunculan kerajaan-kerajaan baru di Indonesia. Salah satu yang tengah menjadi perhatian adalah Sunda Empire.

Kepala Bagian Penerangan Umum (kabagpenum) Mabes Polri, Kombes Asep Adi Saputra mengatakan, sejauh ini Polda Jawa Barat telah memeriksa lima orang saksi, mulai dari anggota hingga saksi pada saat deklarasi Sunda Empire itu sendiri.

“Saat ini penyidik Polda Jawa Barat telah memeriksa 5 orang saksi. Diantaranya adalah saksi tempat dimana digunakan deklarasi tentang Sunda Empire itu, termasuk juga beberapa saksi yang terkait keanggotaan dari Sunda Empire,” ujar Asep, Senin (27/01/2020).

Selain itu, polisi juga telah meminta keterangan dari beberapa saksi ahli. Hal itu dilakukan untuk melihat apakah kemunculan Sunda Empire masuk dalam ranah tindak pidana.

“Jadi teman-teman polisi atau penyidik tidak menilai dan memutuskan sendiri, tetapi juga meminta pendapat pandangan dan pendapat dari ahli. Ahli tersebut mulai dari ahli bahasa ahli pidana ahli sosiologi dan juga ahli sejarah,” ujarnya.

Sejauh ini polisi masih terus mendalami dari hasil pemeriksaan tersebut dan dikaitkan dengan barang bukti yang sebelumnya diamankan.

“Sementara ini sedang dikaji bagaimana keterangan saksi dan bukti-bukti yang ditemukan dan juga keterangan ahli,” tukasnya. (net)