Untitled-7Operator CDMA terbesar di Indonesia, PT Smartfren Telecom Tbk, sepertinya mulai serius menyambut teknologi 4G LTE. Selain tengah fokus menyaipkan jaringan, Smartfren pun secara resmi telah meluncurkan lima varian ponsel 4G ke pasaran, Selasa (9/6/2015). Dengan menyematkan teknologi canggih, bisa dibilang ponsel yang diberinama Andromax Q, Andromax Qi, Andromax Es/Ec dan Andromax R, ini paling murah di kelasnya.

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]

Kelima ponsel Andromax baru dari Smartfren tak hanya mengusung konektivitas 4G, tapi juga turut dibekali hard­ware baru untuk seri smartphone itu, sebut saja prosesor quad-core Snap­dragon 410 berkecepatan 1,2 GHz dan chip memori bikinan Samsung.

“Kalau dulu kami biasa pakai Snapdragon seri 200, maka seka­rang kami memakai seri 410 sehing­ga performa ikut naik,” kata Kepala Divisi Smartphone Smartfren, Suka­ca Purwokardjono.

Sukaca pun menampilkan hasil skor benchmark An­TuTu kelima seri Andromax 4G yang diklaim mencapai kisaran 23.000 poin. Kinerja itu disebutnya sangat bersa­ing untuk smartphone di kelas harga lima Andromax baru, yang dipatok di kisaran Rp999 ribu hingga Rp 1,599 juta. “Memang ada yang kinerjanya lebih tinggi, misalnya Zenfone 5, tapi selisih harganya pun jauh, pasti di atas Rp 2 juta harganya,” katanya.

Jaringan 4G LTE yang didukung terdiri dari TDD LTE pada 2300 Mhz dan FDD LTE yang berjalan di frekuensi 850 Mhz. Semua Andromax 4G ini tetap men­gusung fitur dual mode, art­inya pengguna bisa meng­gunakan kartu SIM GSM sebagai tambahan. Satu lagi, jika pengguna tidak berada dalam cakupan lay­anan 4G, maka komunikasi data akan dialihkan ke jar­ingan 3G EV-DO.

Versi termurah adalah An­dromax Es dan Ec yang diban­derol Rp99 ribu. Spesifikasinya mencakup Android 5.0 Lolli­pop, kamera depan 5 megapik­sel, kamera belakang 5 meg­apiksel, layar 4 inci 480×800 piksel, 1 GB RAM, 8GB peny­impanan internal dan slot mi­croSD hingga 32 GB.

Untuk Andromax Q dan Qi dijual Rp1,299 juta yang me­nawarkan fitur diantaranya; layar 4,5 inci 854×480 piksel, kamera utama 5 megapiksel dan kamera depan 2 meg­apiksel, Android 5.0 Lollipop, RAM 1GB, internal memori 8 GB dengan slot microSD. Me­nariknya Andromax Q meng­gunakan custom ROM milik Cyanogen OS 12.

Terakhir Andromax R yang dibanderol lebih mahal dari Andromax 4G lainnya dengan harga Rp1,599 juta. Meng­gunakan layar 5 inci IPS den­gan OGS Dragontrail buatan Asahi. Pelapis layar Dragon­trail ini terbukti sangat kokoh. Pada ujicoba yang dilakukan pada waktu peluncuran, la­yar Dragintrail ini tidak pecah meski dihantam dengan bola besi seberat setengah kilo­gram.

Andromax R memiliki kam­era utama berkaliber 8 meg­apiksel dan kamera depan 5 megapiksel. Sementara fitur lainnya sama dengan yang lain termasuk juma RAM dan internal memori.

Sukaca optimistis kelima smartphone Andromax 4G bakal mendapat sambutan hangat dari pasar. Pihakn­ya menargetkan penjualan smartphone 4G sebanyak 2 juta unit hingga akhir ta­hun 2015. Untuk tahap awal selama 3 bulan ke depan, Sukoco menerangkan Smart­fren menyiapkan 500.000 unit smartphone 4G dari ke­lima model Andromax untuk dilempar ke pasaran. “Kami coba lihat respon konsumen dulu. Semua Andromax 4G ini dibundel dengan kar­tu Smartfren yang berisi pa­ket My Smartplan, diantara­nya data 4GB data plus 9 GB data khusus untuk pemaka­ian tengah malam, 200 SMS dan 20 menit telepon,” terangnya.

(Apriyadi Hidayat)

loading...