Home Today Update Prestasi Gemilang Anak Guru

Prestasi Gemilang Anak Guru

0
446

kakian-2Letda Inf Tri Ageng Widhi Nu­groho, S.T.Han adalah salah satu taruna tingkat IV Akademi Militer yang dilantik langsung oleh Pres­iden Joko Widodo di Lapangan Sapta Marga, Akmil Magelang, Se­lasa (26/7/2016). Dia memperoleh anugerah Adhi Makayasa.

TIGA orang rekannya dari Aka­demi Angkatan Udara (AAU), Ak­ademi Angkatan Laut (AAL), dan Akademi Kepolisian juga mem­peroleh anugerah Adhi Makaya­sa. Mereka itu adalah Letda Tek Juliar Dwidya Firmansyah, Letda (Pelaut) Anka Samudera, dan Ipda Nahal Rizaq dari Akpol.

Tri Ageng kelahiran Prafi Papua Barat, 9 Maret 1992 dari SMA 1 Purworejo. Orangtu­anya Suparno yang sehari-hari adalah guru SD di Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo

pernah bertugas menjadi guru di Papua. Ibunya Ny Jami juga seorang guru. Sedangkan, dua orang kakaknya saat ini juga telah lulus dari perguruan tinggi dan menjadi guru sep­erti orangtuanya.

“Yang menjadi tentara hanya saya. Kedua kakak saya sudah kerja menjadi guru,” ungkap Tri Ageng kepada wartawan seusai upacara Pra­setya Perwira TNI-Polri 2016 di Lapangan Sapta Marga, Akmil Magelang, Selasa (26/7/2016).

Tri Ageng mengatakan setelah dilantik dirinya siap ditugaskan di mana pun tem­patnya. Dia mengaku selama menempuh pendidikan di Ak­mil selama empat tahun terus menempa dengan banyak belajar dan berlatih disiplin. “Siap ditugaskan di mana saja dan terus belajar. Siap men­jadi prajurit TNI demi bangsa, negara, dan rakyat Indone­sia,” katanya.

Tri Ageng juga merupak­an salah satu lulusan taruna tingkat IV yang memperoleh predikat cumlaude. Jumlah taruna tingkat IV yang berha­sil lulus cumlaude tahun ini sebanyak 28 orang. Indeks prestasi (IP) Tri Ageng adalah 3,68.

Presiden Joko Widodo melantik 720 perwira remaja (paja) dari tiga Akademi TNI dan Akademi Kepolisian. Mer­eka telah menyandang pang­kat Letnan Dua (Letda) untuk lulusan Akademi TNI dan Ins­pektur Polisi Dua (Ipda) untuk lulusan Akademi Kepolisian. Selain itu, mereka juga berhak menyandang gelar akademik Sarjana Terapan Pertahanan (S.T.Han) dan Sarjana Terapan Kepolisian (S.Tr.K).

“Setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo hari ini, Selasa (26/7/2016), tugas sudah menanti mereka,” kata Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI Mayjen Bayu Purwiyono di Lapangan Sapta Marga, Akademi Militer (Ak­mil) Magelang.

Menurut Bayu, tugas dan penempatan sudah disiapkan. Setelah pelantikan mereka akan langsung di tempatkan di berbagai posisi di seluruh Indonesia. “Langsung pen­empatan dan bertugas sesuai bidang atau korps masing-ma­sing,” katanya.

Dari 720 lulusan, sebanyak 420 adalah lulusan akademi TNI. Untuk Akmil ada seban­yak 221 lulusan. Adapun perin­cian sesuai korps yakni Infan­teri (inf) 137 orang, Kavaleri 18 orang, Armed (Arm) sebanyak 17 orang, dan Artileri Pertah­anan Udara (Arh) sebanyak 14 orang. Selanjutnya, Corps Zeni (Czi) sebanyak 19 orang, Corps Penerbang (Cpn) seban­yak 11 orang. Corp Hukum ada satu orang. Corps Polisi Militer sebanyak 3 orang dan Corps Ajudan Jenderal satu orang.

Dari Akademi Angkatan laut (AAL). Untuk Pelaut se­banyak 40 orang, teknik se­banyak 13 orang. Selanjutnya, Elektronika ada 10 orang, Supply sebanyak 9 orang, dan Marinir ada 19 orang. Dari Ak­ademi Angkatan Udara (AAU), untuk teknik sebanyak 41 orang, Elektronika sebanyak 34 orang dan administrasi se­banyak 33 orang. Sedangkan, Akpol taruna 251 orang dan ta­runi sebanyak 49 orang.

(Yuska Apitya Aji/ed:Mina)