Untitled-14Nia S. Amira
[email protected]

Propinsi Golestan terletak di Timur Laut Iran, di bagian Selatan Laut Caspia dan Gorgan sebagai ibuko­tanya. Seperti yang kita ketahui, Golestan merupakan satu dari 31 provinsi yang ada di Iran dan di tahun 997, memisah­kan diri dari propinsi Mazandaran. Goles­tan memiliki luas wilayah sebesar 20,380 km persegi dengan total jumlah penduduk 1,777,014 dengan perbedaan 6 etnis yang bermukim di propinsi ini seperti etnis Per­sian 43%, Turkmen 33%, Tourki 15%¡ Zaboli 5%, Balluchi 4%, serta etnik lainnya 1%. Et­nik Persia merupakan penduduk asli semen­tara etnis lain dipandang sebagai para pen­datang yang berimigrasi ke Golestan pada masa lampau.

Seperti halnya propinsi Gilan, Golestan memiliki pemandangan alam yang indah,. Secara geografi, Golestan dibagi 2 area, da­taran rendah dan rangkaian pegunungan Alborz dan memiliki cuaca serta tempera­tur yang sedang sepanjang tahun. Puncak gunung tertinggi berada di wilayah Shavar province dengan ketinggian 3,945 meter.

Orang-orang Turkmen mendiami wilayah utara propinsi, dataran rendah yang disebutTurkmen Sahra. Sejak abad ke-15 masyarakat nomaden ini telah tinggal di Gonbad-e Kavus dan Bandar Torkaman, Gorgan, Ali Abad, Kalaleh, Qezelbashs dan Kurds. Etnis Turkmen adalah orang Muslim dan belajar di Sekolah Hanafi yang merupakan aliran Sunni.

Sementara kelompok etnis lain­nya seperti Qezelbashs, Kazakhs, Georgia,dan Armenia juga berdiam di wilayah ini, dan tetap meme­lihara tradisi dan ritual mereka sendiri.

Musik Rakyat orang Turkmen muncuk dalam irama Bakhshi dan Baghshi. Dua senar dalam alat musik orang Turkmen yang disebut Dotār digunakan secara luas untuk menciptakan irama-irama tersebut. Tarian orang Turkmen disebut Jazjar. Hasil-hasil kerajinan masyarakat di provinsi ini misalnya karpet, kain ikat su­tra, kerajian jahit, dan sebagainya. Menurut temuan arkeologi di bukit tua ber­nama Torang Tappe, perada­ban manusia di propinsi Golestan su­dah ada sejak 3000 tahun s e b e l u m masehi..

loading...