facial_picSETELAH melakukan konsultasi men­detil dengan dokter ahli bedah kosme­tikan dan melaksanakan pantangan-pantangan sesuai aturan. Maka, tahap lanjutannya adalah proses penanaman benang. Sebelumnya, seluruh wajah ter­lebih dulu diberikan krim anestesi.

Untuk menunggu krim bekerja, di­perlukan waktu sekitar 30 menit. Krim ini digunakan untuk membuat kebal kulit wajah agar tak merasakan sakit saat dilakukan tindakan tanam benang. Setelah krim anestesi bekerja, baru benang ditanam menggunakan jarum.

Tindakan ini berlangsung cepat, dr Syannie mengatakan, tindakan tanam benang berlansung 10 sampai 15 menit.

Efek samping dan pantangan Memasukan suatu benda asing ke dalam wajah tentunya memiliki efek samp­ing. Lebih lanjut, dr Silfi dan dr Sianne, menjelaskan efek samping yang pasti di­rasakan oleh tiap orang adalah memar, bengkak, kebiruan, bentuk asimetris, benang yang keluar, dan yang terburuk adalah infeksi. Pada beberapa kasus, luka bisa bernanah.

Untuk benang yang keluar dan ben­tuk asimetris, hal ini dapat dengan mu­dah ‘diperbaiki’ kembali oleh dokter yang menangani. Setelah melakukan tanam benang, biasanya dokter akan memberikan krim atau obat antibiotik untuk membantu proses pemulihan yang berlangsung tiga hari sampai satu minggu.

Pantangan yang perlu dilakukan setelah melakukan tanam benang adalah melakukan perawatan wajah seperti fa­cial atau totok wajah yang memerlukan pemijatan pada wajah minimal satu bu­lan, lalu perawatan seperti radiofrekue­nsi dan laser yang memancarkan panas juga harus dihindari dalam sebulan.

Dokter Silfi juga menyarankan untuk menghindari pemakaian riasan wajah kurang lebih tiga hari, dan larangan berenang untuk menjaga kebersihan.

loading...