CIBINONG TODAY – Pulau sampah di perairan Kalibaru, Cibinong, Kabupaten Bogor mulai dibersihkan. Namun pembersihan secara manual itu terhenti karena diperlukan alat berat.

“Tadi pembersihannya manual. Sampah diangkut dari bawah dengan karung,” ucap Kepala UPT Pengelolaan Sampah 1 Cibinong, Usep Supriatna, Jumat (23/8/2019).

Pembersihan itu disebut Usep melibatkan 100 orang dari pukul 07.00 WIB hingga 10.00 WIB. Terlihat sebagian kecil sampah sudah diangkut, tetapi pulau sampah itu tetap masih mendominasi.

Usep mengatakan seharusnya pembersihan tumpukan sampah yang berada di seberang Hotel Taman Cibinong II itu bisa lebih cepat dengan bantuan alat berat. Untuk itu Usep mengaku sudah mengajukan peminjaman 1 unit ekskavator ke Kecamatan Cibinong.

“Kalau ada alat berat, pembersihan paling hanya memakan waktu 5-6 jam saja,” ucap Usep.

“Medannya itu cukup sulit. Sekitar 5 meter turun ke bawah. Kita dan Dinas Lingkungan Hidup nggak punya alat itu. Dinas PUPR yang punya,” imbuh Usep.

Dia memperkirakan tumpukan sampah di perairan itu sekitar 150 ton. Ketebalannya sendiri diduga Usep sekitar 30 cm.

“Rencana awal, akan dilakukan pembersihan kembali Jumat depan, tapi menunggu koordinasi pihak kelurahan dan kecamatan. Sekarang sedang diajukan peminjaman alat dulu. Intinya di sini kita ingin menjaga lingkungan agar bersih,” kata Usep. (net)