BOGOR TODAY – Dinas Pendidikan Kota Bogor berkerja sama dengan seluruh SMP se-Kota Bogor mengadakan acara Gebyar Karya Ilmiah Remaja (KIR) dan Expo SMP Kota Bogor Tahun 2019.

Acara yang berlangsung di Mall Bogor Trade World (BTW) di Jalan Veteran, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Acara dilaksanakan dalam rangka mewadahi setiap prestasi peserta didik SMP di Kota Bogor khususnya dibidang Karya Ilmiah Remaja

“Acara ini untuk memberikan wadah bagi semua siswa ataupun siswi di Kota Bogor yang punya ide – ide kreatif dibidang Sains khususnya Teknologi Informatika maka ada temanya Robotik, disini juga bisa menunjukan hasil karya mereka, mempresentasikan, dan mempromosikan sehingga teman-temannya atau adik-adik kelasnya mau termotivasi untuk ikut dan berkecimpung di Karya Ilmiah Remaja pada saat mereka masuk ke jenjang Sekolah Menengah Atas,” ujar Nugrahety, perwakil dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Rabu (20/11/2019) kemarin.

Menurut Nugrahety,  alasan memilih tema Gebyar Karya Ilmiah Remaja (KIR) dan Expo SMP Kota Bogor Tahun 2019 adalah karena dari tema itu bisa mengetahui kreatifitas dari peserta didik pada tingkat pencapaian yang tinggi

”Agar anak itu lebih berpikir inovatif dan kreatif sehingga dia mempunyai tingkat pemahaman dalam pembelajaran disekolah dan dapat diapresiasikan dalam bentuk karya yang di expo dalam kegiatan ini, makanya temanya itu Gebyar Karya Ilmiah Remaja (KIR) dan Expo SMP Kota Bogor Tahun 2019,” tuturnya.

Ia menjelaskan, kegiatan ini melibatkan atau mengundang seluruh Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kota Bogor baik negri ataupun swasta, kurang lebih sekitar 124 SMP mengikuti acara tersebut.

“Rangkaian acara pertama yakni workshop untuk memberikan informasi, pengajaran, dan pengetahuan yang terkait dengan dunia Karya Ilmiah Remaja. Dari situ, tinggal kita tawarkan siapa yang mau menampilkan exponya dan ternyata dari 124 yang mau ikut bergabung dalam acara ini ada sekitar 30-32 sekolah swasta ataupun negri yang mempunyai KIR di sekolahannya masing-masing,” ungkapnya

Sebagai informasi, acara Exponya dilaksanakan selama 2 hari dan workshop dilaksanakan selama 1 hari dimulai dari pukul 8 pagi sampai 3 sore. (Anata/PKL)