jamaahSEPEKAN lebih Bulan Suci Ramadhan kembali menyapa kaum muslimin di seluruh dunia. Dengan berbagai kemuliaan dan keistimewaan yang ada di dalamnya, wajar jika bulan suci ini merupakan salah satu bulan yang paling dirindukan kehadirannya oleh kaum muslimin. Berbagai cara di berbagai negara dilakukan kaum muslimin untuk menyambut bulan mulia ini dengan penuh antusias dan hati gembira. Sebab rasa gembira menyambut datangnya bulan Ramadhan adalah bagian dari refleksi keimanan seorang muslim.

Oleh: AHMAD SASTRA
Dosen Pascasarjana UIKA Bogor

Setiap perintah ibadah dalam Islam selalu me­miliki dimensi vertikal dan horizontal, indi­vidual dan sosial. Meski puasa adalah perintah ibadah yang harus dilakukan oleh setiap individu kaum muslimin, namun tetap memberikan pesan-pesan spiritual sosial. Secara individu­al, pelaksanaan puasa Ramadhan memiliki dampak meningkatnya kualitas ketaqwaan. Sebagaima­na disepakati oleh jumhur ula­ma bahwa hakekat ketaqwaan adalah derajat mulia bagi seorang muslim karena mampu melak­sanakan seluruh perintah Allah dan mampu menjauhi seluruh larangan Allah. Bahkan dalam Qur’an, surga juga disebut den­gan istilah darul muttaqien, dan Sesungguhnya kampung akhirat adalah lebih baik dan Itulah Se­baik-baik tempat bagi orang yang bertakwa (QS An Nahl : 30).

Ujung dari pelaksanaan pua­sa pada bulan suci Ramadhan adalah diraihnya status sebagai manusia yang bertaqwa (QS Al Baqarah : 183). Siapapun kaum muslimin yang mampu meny­elesaikan ibadah bulan suci ini akan berpeluang mendapatkan derajat paling mulia di sisi Allah ini. Ketaqwaan adalah derajat paling mulia di sisi Allah. Sesung­guhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal (QS Al Hujuraat : 13).

BACA JUGA :  SAHUR OF THE ROAD RAWAN DENGAN TAWURAN PELAJAR

Karena itu menjadi pent­ing memahami arti taqwa yang sesungguhnya serta menerap­kan nilai-nilai ketaqwaan dalam kehidupan sehari-hari. Sebab derajat taqwa akan bisa terlihat dari perubahan sikap yang lebih baik seusai melaksanakan ibadah puasa di bulan suci ini. Meski ada perbedaan perilaku orang-orang bertaqwa sesuai dengan status di dunia, namun muaranya adalah sama yakni melaksanakan se­luruh hukum-hukum Allah dan menjauhi seluruh larangan Allah.

Ketaqwaan seorang individu adalah ketika mampu menjalank­an seluruh hukum Allah di aspek ibadah, muamalah dan dakwah. Sebab ketiganya adalah sebagai kewajiban yang harus ditunai­kan sebagaimana perintah Allah dalam Al Qur’an. Kehati-hatian dalam berperilaku agar selalu tunduk kepada hukum Allah dan terhindar dari jerat kemaksiatan dan pelanggaran hukum syariah dalam ketiga aspek itulah yang disebut sebagai taqwa .

Hal ini sejalan dengan pengertian taqwa menurut Abu Hurairah yang dijelaskan oleh Ibn Abi Dunya dalam kitab at taqwa dengan memberikan il­ustrasi seseorang yang berhati-hati saat mendapati jalan yang dilewatinya banyak duri agar terhindar dari tajamnya tusukan duri di kaki. Kehati-hatian dalam menjalani kehidupan agar tetap dalam koridor hukum Allah dan tidak terjerembab dalam kuban­gan dosa inilah yang dimaksud taqwa menurut Abu Hurairah.

Perkataan Abu Hurairah se­jalan dengan sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Al Bukhari, at Tirmidzi, Ibn Majah, al Hakim dan al Baihaqi, bah­wa tidaklah dikatakan sebagai orang mukmin yang mencapai derajat taqwa hingga ia menin­ggalkan hal-hal yang tidak ber­guna karena khawatir terjerumus kepada hal-hal yang haram.

BACA JUGA :  SAHUR OF THE ROAD RAWAN DENGAN TAWURAN PELAJAR

Dalam al Qur’an istilah taqwa juga terdapat pada QS Al Baqa­rah ayat 2, “ Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang ber­taqwa”. Imam as Syuyuti dalam kitab tafsirnya, Ad Duur al Man­tsur fi at Tafsir bi al Ma’tsur, men­gumpulkan pendapat salafush shalih diantaranya adalah Ibn Mas’ud yang mengartikan mut­taqien sebagai orang-orang muk­min. Ibn Abbas mendefinisikan muttaqien sebagai orang-orang yang khawatir terhadap huku­man Allah karena meninggalkan petunjuk (al Qur’an) yang dik­etahuinya seraya berharap rah­matNya dengan membenarkan apa saja yang datang dari Allah. Mu’adz bin Jabal mengatakan bahwa muttaqien adalah orang-orang yang takut akan syirik dan penyembahan kepada berhala serta mengikhlaskan diri beriba­dah hanya kepada Allah.

Ibn Mubarak, sebagaimana dinukil oleh Ibn bin Abi Dunya, menyatakan bahwa Nabi Dawud as pernah mengatakan kepada Nabi Sulaiman as, putranya, “ Anakku, engkau akan menemu­kan ketaqwaan pada seseorang dengan tiga hal : baiknya ket­awakalannya kepada Allah atas apa saja yang menimpa dirinya, bagusnya keridhoannya atas apa saja yang Allah berikan kepadan­ya dan indahnya kezuhudan atas apa saja yang hilang dari dirinya.

============================================================
============================================================
============================================================