BOGOR TODAY – Jelang hari kemerdekaan, sejumlah pejabat yang tergabung dalam Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bogor menggelar apel kehormatan dan renungan suci untuk menghormati jasa para pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dreded, Senin (17/8/2020) malam.

Renungan suci yang berlangsung tepat pukul 00.00 WIB tersebut dihadiri Dandim 0606 dalam hal ini diwakili Letkol Inf Didi Suwandi dan Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim beserta jajaran pemkot dan DPRD. Sementara Danramil Bogor Selatan, Kapten Chb Sukardi bertugas sebagai Komandan upacara.

Kegiatan ini diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan. Dilanjutkan dengan pemadaman lampu penerangan dan persiapan penyalaan obor.

Suasana kegiatan tahunan ini semakin sakral saat lampu dimatikan dan obor lilin dinyalakan. Kemudian, inspektur upacara melakukan penyalaan obor dan membacakan naskah apel kehormatan dan renungan suci.

“Kami yang hadir hari ini, Senin tanggal 17 Agustus 2020 pukul 00.00 WIB, pada upacara memperingati Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia serta memperingati jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur, diantaranya, TNI 39 orang, Polri 72 orang, PNS 17 orang, pejuang rakyat 29 orang dan pahlawan tidak dikenal 31 orang,” kata Letkol Inf. Didi Suwandi.

Dalam kesempatan tersebut, ia mengatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan pengorbanan para pejuang demi Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan kami pula. Kami berdoa, semoga arwah saudara-saudara para pejuang yang telah gugur diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapatkan tempat setinggi-tingginya,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie Rachim mengatakan, meski di masa pandemi acara ini tetap dilaksanakan. Namun saat ini dibatasi pesertanya, hanya TNI dan Polri yang bertugas, namun tidak mengurangi kekhidmatan.

“Meskipun dalam jumlah terbatas, upacara berlangsung lancar, khidmat dan cukup sederhana. Terima kasih semuanya,” katanya. (Heri)