alfred-riedl-indonesia_1rph266k6pmxc1s3eabxqssx7nJAKARTA,TODAY-Timnas Indonesia kesulitan mencari striker tengah. Na­mun begitu, pelatih Alfred Riedl men­gaku optimistis mendapatkan peny­erang potensial.

Hingga pekan ke-11Torabika Soc­cer Championship (TSC) 2016, daf­tar pencetak gol terbanyak didomi­nasi oleh pemain asing. Ada beberapa nama yang masuk dalam 10 besar, namun bukan sebagai striker murni seperti Irsyad Maulana, yang sejatinya memiliki tugas sebagai winger.

Sejauh ini, Indonesia hanya mem­punyai beberapa stiker tengah, salah satunya adalah Cristian Gonzales. Meski usianya sudah hampir 40 ta­hun, naluri mencetak golnya masih sangat kuat.

Selain Gonzales, Sergio van Dijk juga masih layak dipanggil timnas. Selebihnya, seperti Boaz Salossa ia memang masih menjadi salah satu penyerang terbaik yang dimiliki Indo­nesia saat ini. Namun, dia bukanlah penyerang tengah, melainkan sebagai penyerang sayap atau tengah.

Asisten pelatih timnas Wolfgang Pikal mengaku hingga saat ini masih terus mencari pemain terbaik yang bakal dipanggil, terutama striker. Ken­dati begitu, pria asal Austria itu tetap optimistis masih memilik waktu me­milih pemain yang diinginkan.

“Ya, memang untuk striker di delapan top skor sementara semua pemain asing. Tapi kami masih men­cari melalui siaran tv atau memantau langsung dan saya optimistis dapat striker potensial,” kata Pikal.

Sementara itu untuk posisi gelan­dang, Riedl nampaknya tak perlu kha­watir karena Indonesia memiliki stok di lini tengah yang berlimpah. Untuk bisa bermain sebagai holding mid­fielder, ada nama Manahati Lestusen dan Rizky Pellu, Hendro Siswanto, Evan Dimas, Hariono dan Raphael Maitimo.

Hendro misalnya, dia dinilai sema­kin menunjukkan perkembangannya dan semakin matang. Dia bahkan su­dah bisa menggantikan peran Ahmad Bustomi yang belakangan dibekap cedera.

Beberapa gelandang kreatif terse­but bisa dimaksimalkan dengan ge­landang-gelandang sayap yang men­gandalkan kecepatannya. Di antara lain Bayu Gatra, Andik Vermansah, Samsul Arif dan Ramdani Lestaluhu.

Untuk posisi bek, terdapat nama-nama pemain senior yang masih oke di antaranya Hamka Hamzah, Ahmad Jufrianto, dan Purwaka Yudi. Ter­kait posisi gawang, selain I Made Wi­rawan, juga ada Andritany Ardhiyasa, dan Kurnia Meiga.

Nama-nama di atas memang may­oritas pemain senior. Namun, Pikal sebelumnya juga telah mengatakan bahwa akan memanggil 70-80 persen pemain muda yang dikolaborasikan dengan pemain senior.

“Saya berharap akan ada surprise (soal pemilihan striker), tapi untuk nama-nama masih terlalu dini,” kata Pikal. Adapun nama-nama pemain muda yang dinilai layak dipanggil tim­nas, seperti Septian David, Ambrizal Umanailo, Teja Paku Alam, Yanto Basna, Terens Puhiri, Ricky Fajrin, Irsyad Maulana dan masih banyak lagi. (Imam/net)

loading...