BOGOR TODAY – Para pewarta yang tergabung dalam Kelompok Wartawan (Pokwan) DPRD Kabupaten Bogor Jawa Barat, membuka kelas kajian jurnalistik bulanan bernama ‘Rujukan atau Ruang Jurnalisme Kelompok Wartawan’.

“Rujukan adalah forum diskusi kelompok wartawan Kabupaten Bogor yang bertujuan untuk mengedukasi, meningkatkan kompetensi berkaitan dengan regulasi dan teknik jurnalisme untuk anggota Pokwan DPRD Kabupaten Bogor,” ujar Ketua Pokwan DPRD Kabupaten Bogor, Syaeful Ramadhan saat membuka kelas perdana di ruang serbaguna, Gedung DPRD, Cibinong Kabupaten Bogor, Rabu (29/7/2020).

Pada kelas perdana, Rujukan menghadirkan dua narasumber dari Seluang Institute, yakni Dony Putro Herwanto dan Anggit Saranta. Tema yang dibahas yaitu mengenai data, fakta berita dari perspektif korban dan pelaku, khususnya dalam produksi berita hukum

Syaeful menyebutkan bahwa Rujukan akan menjadi kegiatan rutin bulanan dengan menghadirkan narasumber yang kompeten membahas materi diskusi.

“Kegiatan ini bersifat independen, non-partisan dan dilaksanakan secara swadaya atau non-APBD,” kata Syaeful.

Menurutnya, ke depan Pokwan dengan menggandeng DPRD Kabupaten Bogor, akan mengangkat materi dalam ruang kajian jurnalistik sesuai permasalahan di bidang-bidang setiap komisi yang ada di DPRD Kabupaten Bogor.

Sementara itu, perwakilan DPRD Kabupaten Bogor, Usep Supratman yang hadir dalam pembukaan Rujukan, mengaku mendukung kegiatan yang diharapkan menambah wawasan jurnalistik para pewarta yang juga kerap meliput DPRD Kabupaten Bogor.

“Saya mendukung agar agenda ini menjadi agenda bulanan. Karena peran media juga sangat penting,” ujar Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bogor itu. (Bangbang Supriyadi)