CITEUREUP TODAY – Akibat intensitas hujan yang tinggi mengguyur Kawasan Wilayah Kabupaten Bogor,  sejak Jumat petang hingga Sabtu dini hari puluhan rumah warga di Desa Leuwinutug, Kecamatan Citeureup terendam banjir.
Diketahui, Satu unit rumah bahkan hancur terseret air banjir dari Sungai Cigede yang meluap. Puluhan rumah yang terendam banjir hingga 1 meter ini terjadi di RW01 dan RW03. Selain itu,  50 rumah terendam terjadi sejak pukul 23.00 WIB hingga pukul 02.00 WIB.
“Satu unit rumah porak poranda terseret banjir, sehingga tidak bisa ditempati lagi. Banyak barang-barang milik warga tidak sempat diselamatkan karena aliran air begitu deras,” kata Ketua Tagana Kabupaten Bogor, Taufik, Sabtu (16/2/2019).
Menurut Taufik, Musibah meluap nya air dari sungai Cigede di lokasi Desa Leuwinutug Kecamatan Citeureup ini, hampir setiap tahun terjadi. Hasil dari assessment yang dilakukan oleh Tagana bahwa warga saat ini membutuhkan bantuan pakaian, logistik juga peralatan dapur.
“Dikarenakan semua peralatan dan kebutuhan pribadi semuanya basah juga rusak termasuk surat-surat yang tidak sempat terselamatkan,” imbuh Taufik.
Penyebab utama, kata Taufik banjir yang menggenangi puluhan rumah di daerah tersebut diduga karena hujan deras yang terjadi dari petang hingga tengah malam.
“Musibah ini Akibat aliran Sungai Cigede yang meluap. Banjir mulai surut sekitar pukul 03.00 WIB. Para korban langsung membersihkan barang-barang rumah tangga yang terendam banjir. Sementara bagi rumah yang hancur, penghuninya sudah diungsikan,” tukasnya. (Asep B)
loading...